Parlementaria

DPRD Jabar Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah Di Jabar

BANDUNG.SJN COM-DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi dan dorong program-program unggulan keagrarian terutama sertifikasi tanah agar tidak ada sengketa lahan di kemudian hari.Kemudahan-kemudahan untuk memperoleh sertifikasi juga sudah di jalankan BPN Jabar.

Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Syahrir SE mendukung program bantuan kepada masyarakat dan istansi untuk mendapatkan sertifikasi. Dimana masalah sengketalahan jangan sampai ada lagi, termasuk asset provinsi yang kemudian sudah diklaim oleh ahli waris dan ini harus diselesaikan.Seperti misalnya kasus yang terjadi di kawasan lahan Ampera di Cirebon.Pentingnya sertifikasi tanah untuk hak kepemilikan harus dilakukan oleh Jabar untuk kekuatan hukum.

Lebih jauh Politisi Gerindra ini menuturkan “Bahkan, asset tanah yang di Ampera ini ahli warisnya memiliki sertifikat yang kemudian diklaim atas nama mereka sendiri, tetapi tidak biasa dijualbelikan insi karean sertifikatnya sudah di blokir ujar Syahrir usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018 di Halaman Kanwil ATR/BPN Provinsi Jawa Barat , Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Senin (25/9/2018).

Kendati demikan, lanjut dia, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan terus mengejar asset yang dimiliki Pemprov Jabar yang sudah bersertifikat.Artinya, jika masih ada asset Provinsi yang tidak bersertifikat akan di disclaimer oleh BPK meskipun sudah menyandang Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Tentua akan mengurangi nilai-nilai yang sudah selama ini dicapai dengan meraih opini WTP, karena BPK akan terus mengejar sampai dimana pengurusan asset Provinsi ini dikelola katanya. (dh)