TNI

Peringati HUT Ke-73, TNI Benteng Bagi Keutuhan NKRI

BANDUNG.SJN COM.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) bertindak selaku Insfektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun ke – 73 TNI diwilayah Kodam III/Siliwangi yang diselenggarakan di Lapangan Gasibu Jalan Diponegoro Bandung, Jumat (5/10).

 

Sementara, Komandan Upacara Letkol Pas Kandung Wijoyoho lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2001 yang sehari – harinya menjabat sebagai Dansatdik Kurrat Pusdiklat Paskas, pada pelaksanaannya turut mendampingi Pangdam III/Siliwangi saat melaksanakan pemeriksaan pasukan.

 

Susunan Upacara pada parade HUT  ke – 73 TNI diantaranya, upacara parade, pengucapan Sapta Marga, penganugerahan tanda kehormatan. Pasukan yang terlibat sebanyak 700 orang terdiri Kompi upacara gabungan Pamen dan Pama, Ton upacara Wan TNI, Ton upacara Kopassus, Kostrad, Yonkav 4/KC, Armed 4/GS, Yonzipur 3/WYG, Yon Arhanudri 3, Brigif 15/KJG, Kodam III/Siliwangi, Lanal Bandung, Paskhas dan Lanud Husein Sastranegara serta Lanud Sulaeman, ASN dan FKPPI.

 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam III/Siliwangi menyatakan, ” peringatan HUT ke – 73 TNI mengusung tema ” Profesionalisme TNI Untuk Rakyat ” yang mengandung makna bahwa Prajurit TNI senantiasa meningkatkan profesionalisme melalui pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista yang semata – mata untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia “.

 

” TNI senantiasa selalu dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sekaligus merupakan napas bagi seluruh Prajurit yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 “, ulasnya.

 

Dikatakannya,  profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi, latihan dalam mendukung tugas pokok menegakkan untuk  kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

 

Usai upacara dilanjutkan dengan demonstrasi bela diri, kolaborasi musik modern dan daerah, demonstrasi tehnik penangkapan ular berbisa oleh personil Pusdikpassus. Selain itu dilaksanakan Pameran Alutsista diantaranya Tank Leopard, Tank AMX -13 Canon Comando, Meriam 144 Caesar dan lain – lain.

 

” Tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan Kesatuan bangsa serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI. Tingkatkan soliditas TNI dan kemanunggalan TNI dengan raktyat agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa ” imbuhnya.

 

” Mantapkan Netralitas TNI, jangan terpancing emosi dan

upaya – upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pelaksanaan pentahapan Pemilu dan tingkatkan sinergisitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dan komponen lainnya “, tambahnya.

 

Selanjutnya tamu yang hadir, Dansesko TNI, Danseskoad, Kapolda Jabar, Gubernur Jabar, Wadan Kodiklatad, Kasdam III/Siliwangi, Wakapolda Jabar, Dankoharmat AU, Ketua DPRD Jabar, Kepengti Jabar,  para pejabat Kodam III/Siliwangi dan para pejabat Polda Jabar serta tamu undangan lainnya.

 

(Pendam III/Siliwangi).