Regional

Wabup Kuningan Bersikap Tanggap Tangani Corona

KUNINGAN.SJN COM,-Dalam mencegah penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Pemkab Kuningan terus berusaha melakukan berbagai upaya penangulangan secara maksimal, salah satunya dengan menyampaikan informasi dan edukasi kepada warga terkait virus tsb.
Seperti yg dilakukan Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M.Si, Kamis (09/04/2020), bersama Kasdim Kodim 0615/Kuningan, Camat Luragung beserta jajaran Forum Kooordinasi Kecamatan, tenaga kesehatan, dan Kepala Desa Sindangsari, Kec. Luragung, menyambagi salah satu warga setempat, yg diketahui belum lama ini datang dari kota perantauan.
Kunjungan tsb dilakukan Wakil Bupati, disela Monitoring Posko Siaga Covid-19 di kecamatan setempat. Kepada warga yg didatangi, Wabup menyampaikan untuk mematuhi protokol kesehatan dan anjuran pemerintah, terkait isolasi mandiri bagi warga perantau. Karena warga perantau, dikatakan Wakil Bupati, secara otomatis masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP).
“Perlu saya sampaikan, bahwa warga perantau bukan penyebar virus. Adapun masuk dalam kategori ODP, itu untuk memastikan bahwa warga perantau sehat dan terbebas dari Covid-19. Dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk diam dirumah dulu selam 14 hari, untuk memastikan bebas tidaknya dari Corona,” kata Wabup.
Adapun bagi warga perantau yg merasakan gejala2 mirip Corona, Wabup meminta untuk segera menghubungi tenaga medis setempat. “Jika ada gejala2 seperti, flu, batuk kering, demam, dan sesak nafas, segera hubungi tenaga medis. Biar tim medis dari Puskesmas yg datang langsung ke rumah bapak dan ibu, jangan bapak dan ibu yg datang langsung ke Puskesmas,” imbuhnya.
Kepada Camat dan Kepala Desa, Wakil Bupati juga meminta untuk aktif memantau kesehatan warganya, demi memastikan wilayahnya bebas dari penyebaran Virus Corona atau Covid-19. “Kepada seluruh warga saya menghimbau, bila tidak ada keperluan yg mendesak untuk tetap di rumah, pakai masker bila mau keluar rumah, jangan berkerumun, jaga jarak aman dengan orang lain, rajin cuci tangan dan mandi, makan makanan yg bergizi serta istirahat yg cukup agar kita semua sehat dan bebas dari Virus Corona,” pungkasnya. ( Maman Rochman)