TNI

Dansektor 7 Satgas Citarum Gelar Sosialisasi Lanjutan Program Citarum Harum

KAB BDG.SJN COM.-Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi gelar sosialisasi lanjutan tentang program Citarum Harum di tahun 2020 ini bertempat di Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Kamis (25/6/2020).

Sebagai nara sumber, Kolonel Kav Purwadi mengatakan, ” ini program berkelanjutan dimana sampai saat ini, program Citarum Harum masih terus dilaksanakan, dan alhamdulillah hasilnya bisa dilihat langsung namun semua itu tidak semudah membalikkan tangan, dimana berbagai permasalahan terus ada “.

Seperti yang diketahui bersama, permasalahan limbah industri sampai sekarang terus dilakukan pemantauan dan sidak. Adapun masalah sampah, dimana masih banyak masyarakat belum paham dan mengerti serta kurangnya kesadaran, apa akibatnya bila sampah menumpuk atau buang sampah sembarangan.

Walau demikian, Dansektor 7 berharap masyarakat harus punya niat pribadi dari diri sendiri untuk mau mengatasi sampah sendiri. Selain sampah, ada juga bangunan liar yang tidak sesuai dengan tata ruang serta sedimentasi dan penataan bantaran. Dimana masyarakat bisa menanam yang dapat menghasilkan asalkan tertata rapih dan masalah banjir. Saat ini di Sektor 7 terus memberikan berbagai bantuan kepada masyatakat, dengan harapan masyarakat bisa mengatasinya apabila terjadi benjir, ” terang Dansektor 7.

Kolonel Kav Purwadi berharap, ” masyarakat agar pro aktif menjelang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dimana masyarakat harus patuh dan taat pada protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan massa, sering cuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker apabila keluar rumah.

Terkait dengan ketahanan pangan, Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi telah membuat fasilitas untuk membantu masyaraka, mulai dari penanaman pohon, penanaman sayuran, budi daya ikan, air bersih, rutilahu dan lain sebagainya. Untuk itu, mari kita bekerja sama mulai dari kita menciptakan lingkungan bersih. Saya berharap, untuk seluruh unsur dan masyarakat untuk bersatu padu menciptakan Citarum Harum yang bersih, nyaman, indah dan hijau.

Ditempat yang sama, Danramil 2409/Pameumpeuk Kapten Inf Siswanto memberikan apresiasi kepada Dansektor 7 yang terus berjuang sampai dengan sekarang ini untuk menciptakan Citarum Harum yang bersih dan indah. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan khususnya sungai Citarum agar terbebas dari lembah industri, dampah dan sebagainya. Agar sungai Citarum di wilayah Sektor 7 terbebas dari berbagai penyakit karena limbah, musibah banjir karena sampah dan sebagainya, ayo kita berjuang dengan karya yang nyata, ” ungkapnya.

Hal yang sama dikatakan juga oleh Kepala Desa Sukamukti H. Agus Tajudin berikan apresiasi kepada Dansekto 7 Kolonel Kav Purwadi dan Timnya yang sampai saat ini terus melaksanakan program Citarum Harum dan alhamduliah bisa terlihat sangat jauh perbedaannya, namun semua itu harus didukung oleh seluruh pihak terutama masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Selanjutnya Kepala Desa menyampaikan ia berharap, BBWS Provinsi untuk memberikan kebijakan pada wilayah disekitar bantaran sungai Citarum untuk kantor pemantau banjir dan nantinya juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk dijadikan kantor RW, Pos Yandu dan sebagainya.

Sehingga masyarakat disekitar bantaran sungai mempunya rasa tanggung jawab dan rasa ingin memiliki agar sekitar bantaran bisa terpantau langsung oleh masyarakat. Terlepas dari itu juga pihak Pemerintah Desa Sukamukti tetap akan berkoordinasi dengan
Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi. (Pendam III/Siliwangi)