Regional

Desa Kadu, Kec. Jatigede Jadi Duta Lomba Inovasi Desa Wilayah Jatigede

SUMEDANG.SJN COM.-Tim penilai lomba inovasi desa kabupaten Sumedang, hari selasa (22/09 2020) pukul13 00 mengadakan kunjungan penilaian ke desa Kadu, kecamatan Jatigede, untuk melaksanakan penilaian terahir lomba inovasi desa yang di selenggarakan oleh DPMD kabupaten Sumedang, yang bertempat di sasana budaya desa Kadu yang letaknya persis ada di tapal batas kabupaten Majalengka, yg merupakan desa terahir kecamatan Jatigede kabupaten Sumedang, yang sebelumnya sama ada di perbatasan Sumedang Majalengka yaitu desa Lebaksiuh

Hadir dalam acara tersebut Camat Jatigede yang diwakili Ahmad Abidin, S.Sos selaku sekcam Jatigede, Forkopimcam, para kepala desa/perwakilan, tokoh masyarakat, agama, pemuda, serta undangan lain. Sesampai di kadu, rombongan disambut dengan sambutan pemandangan yang unik (tempat cuci tangan) yang terbuat dari Bambu di seluruh depan rumah warga, dari mulai masuk sampai depan kantor bale desa.

Tim penilai di sasana budaya mendapat paparan dari kepala desa Otong Rasmadi, S.E. tentang aplikasi SPADA Sistem Pelayanan Administrasi Desa Berbasis online untuk melayani kebutuhan masyarakat di masa pandemi.

Kades dalam paparannya, aplikasi SPADA ini mungkin asing bagi warga di luar desa Kadu, tapi bagi warga di desa Kadu ini adalah aplikasi yang sangat membantu sekali, dan kami membuat aplikasi ini bentuk nyata untuk memberikan kepuasan, kemudahan dalam melayani masyarakat, agar warga mendapatkan pelayanan prima terlebih di masa pandemi Covid 19 sekarang ini. Inovasi SPADA juga mengacu pada 31 dasar Hukum dari mulai UU, PP, PERMEN, Pergub, Perbup, serta Perdes Kadu no 6 tahun 2020 Tentang,Pelayanan publik berbasis Digital

Aplikasi inovasi ini menggunakan What Apps (WA), masyarakat Kadu hanya tinggal buka WA Klik SPADA, oprator akan memberikan menu pilihan dengan angka 1-22, di sana ada semua kebutuhan admistrasi surat2 yang biasa diperlukan oleh warga, jadi mau dimana, sambil gimana, mau apa saja tinggal buka WA klik ke nomer oprator. Permintaan anda segera dilayani, bagi masyarakat yang belum punya hp android bisa ke RW masing masing lewat hp sp warga yang telah tersedia di tiap RW. (M. Arfa, SE)