Ragam

Pagongan Tahun 30an-2000an

CIREBON.SJN CON.- 学习历史,了解历史,不要忘记历史,从过去的历史带你的生活,带你的生活走向未来
Xuéxí lìshǐ, liǎojiě lìshǐ, bùyào wàngjì lìshǐ, cóng guòqù de lìshǐ dài nǐ de shēnghuó, dài nǐ de shēnghuó zǒuxiàng wèilái artinya pelajari Sejarah, kenali Sejarah, dan jangan lupakan sejarah, dari sejarah masa lalu membawa hidupmu membawa hidupmu maju ke masa depan.

Pagongan sebagai tempat pusat perdagangan yang masih aktif, dari tahun 1930an disana banyak toko toko bangunan dan toko besi, Di Pagongan terdapat toko Buku Dasco, dan di Pagongan terdapat Kursus Musik Max and Jeany dan Alat Alat Musik Yaitu Yamaha yang didirikan sejak tahun 1970an, Di Jalan Kebon Blimbing dekat Pagongan terdapat makam tua dan pohon beringin tua, Yang dimakamkan di sana namanya Ki Talka dan Nyi Talka seorang Guru Agama Islam yang menyiarkan agama Islam, dipercaya masih keturunan dari Keraton Kanoman Cirebon, disana juga banyak penjual Nasi Lengko.

Saya sejak kelas 2 SD tinggal di Pagongan, di Pagongan tahun 50an-87 ada Nyonya Tjan Boen Pembuat kebaya Bordir, Cim Sumi pembuat dan Penjual Wingko, Cim wiwik penjual nasi langgi, ada Tante Tjin Hwat Pembuat Bapel dan Gendar, ada Cek Bangki pembuat bacang, ada Tante Jong Giok pembuat kue mesies, nasi langgi dan jajanan pasar, dan di Pagongan sampai hari ini ada Kecap Cap Matahari yang sudah berdiri kira kira sejak tahun 1920an.

Tahun 1930-2006 Dulu di Pagongan depan Kantor Telpon ada Pabrik Sirop Pisang Susu Tjiremai, miliknya Ibunya Leoni Fransiska Sidhojoyo, Sirop Pisang Susu Tjiremai adalah Perintis Sirop di kota Cirebon. Dan dulu di Pagongan ada aneka kuliner. Arti kata Pagongan dulu kala tahun 1800an tempat membuat gong. Di Pagongan ada Pabrik tegel bernama Bie Liong yang dirintis dan didirikan oleh Tjiong A Teng kakeknya WP Zhong mantan kepala Dinas Pemugaran jaman Ali Sadikin, dan Tjiong Ateng ini adalah kakek buyutnya Lili Sembada, dan Endang Sembada. Oleh sebab itu di Pagongan terdapat Gang Bie Liong berasal dari nama Pabrik Tegel yang didirikan oleh kakeknya WP Zhong. Di Pagongan Barat, tahun 1975 -1978 ada Sanggar Remaja Pimpinan Andi Subekti latihannya di rumah miliknya Jeremy Huang

Nasi Lengko banyak terdapat di jalan Pagongan, makanan tradisional khas Cirebon mengandung filosofi keragaman. Nasi Lengko Akulturasi kuliner. Karena di dalam Nasi Lengko ada taoge, tahu, kecap, ku cay seledri, bawang merah yang di goreng yang biasanya ada dalam aneka masakan warga Tionghoa. Tahu dan kecap asalnya dari Tiongkok China. Nasi Lengko adalah akulturasi budaya kuliner yang penuh makna.

让我们团结起来,因为只有一起才能触及天上的星星
Ràng wǒmen tuánjié qǐlái, yīnwèi zhǐyǒu yīqǐ cáinéng chùjí tiānshàng de xīngxīng artinya Mari kita bersatu karena hanya Dengan Bersatu kita dapat meraih bintang di langit .(Jeremy Huang Wijaya)