Parlementaria

Ekonomi Kreatif Berperan Tingkatkan Perekonomian Jabar

BANDUNG.SJN COM.-Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.Hal ini dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dra.Hj.Tia Fitriani beberapa waktu lalu.

Lebih Jauh Politisi Perempuan Partai NasDem Dra.Hj.Tia Fitriani menuturkan Ekonomi kreatif saat ini sangat menjamur di kalangan masyarakat, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan.Banyak sekali orang yang menggagas ekonomi ini untuk membantu memajukan kesejahteraannya.

Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor perekonomian yang menggunakan ide dan pengetahuan berkonsep kreativitas dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya.Ekonomi kreatif memiliki dasar ide manusia yang tergolong baru, unik dan inovatif.Mendapat dukungan dari industri-industri kreatif, sektor perekonomi ini dapat bergerak maju dan berkembang.
Konsep perekonomian ini lebih mengutamakan kreativitas, ide, dan pengetahuan dari sumber daya manusianya.Dalam perkembangannya, ekonomi ini telah terbukti dapat memajukan perekonomian yang salah satunya di negara kita yaitu Indonesia tandasnya.

Adapun ciri-ciri dari ekonomi kreatif yaitu :1.Ide dan gagasan sebagai ide utama oleh pelaku ekonomi.2.Adanya kreasi intelektual dalam sektor usahanya.3.Kegiatan usahanya bersifat terbuka dan tidak terbatas.4.Menghasilkan produk yang bernilai kreatif.5.Adanya kerja sama dari berbagai pihak.6.Memiliki konsep yang bersifat relatif dan mudah tergantikan.

Saat ini banyak usaha-usaha dengan konsep ekonomi kreatif.Adapun contoh-contoh usaha yang menggunakan konsep ekonomi ini yaitu:1. Kerajinan (Craft).2. Desain 3.Arsitektur 4.Fashion 5.Video 6.Fotografi 7.Game.

Ekonomi kreatif berperan besar bagi perekonomian Jawa Barat bahkan Nasional.Hal ini ditunjang oleh besarnya jumlah penduduk dan fasilitas yang menunjangnya pungkasnya.(AP)