Pariwisata

Obyek Wisata Ranca Upas Wajibkan Pengunjung Menunjukan Bukti Vaksinisasi

KAB BANDUNG.SJN COM.-Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Anda bisa datang ke Ranca Upas baik menggunakan kendaraan pribadi roda dua ataupun empat, maupun menggunakan moda transportasi umum seperti bus rombongan. Hal ini dikarenakan akses jalan ke Ranca Upas sudah sangat baik dan aman untuk dilewati.

Tempat wisata di Bandung Selatan Ranca Upas Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung mewajibkan wisatawan untuk menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama saat berkunjung.Ranca Upas Camping Ground menerapkan aturan tersebut. Hal ini dikatakan Duti Ranca Upas Eko menyatakan mari kita sama sama memberantas VIrus Covid -19 supaya kedepan semua bisa menikmati berwisata di Hutan Ranca Upas ujarnya.

Fasilitas yang Ada di Ranca Upas Bandung Ciwedey

Bagi Anda yang merupakan pelancong atau baru saja mendengar objek wisata satu ini, mungkin Anda akan penasaran tentang fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan disana. Ya, karena tempat wisata ini merupakan bentang alam yang dilakukan pengelolaan, maka tersedia beberapa fasilitas untuk kegiatan berwisata Anda yang antara lain adalah sebagai berikut :
1. Ranca Upas Smart Camp Adventure

Fasilitas pertama yang bisa Anda akses adalah Smart Camp Adventure. Ini adalah lahan yang sangat besar yang mana bisa menampung banyak sekali orang. Kapasitasnya tak main-main, bisa mencapai 10.000 orang sehingga tidak mengherankan tempat ini sering digunakan untuk berbagai festival camp yang melibatkan ribuan orang,
Disana Anda bisa melakukan kegiatan berkemah dengan HTM yang sangat murah yakni Rp. 10.000 per orangnya. Jika Anda datang kesana untuk berencana berkemah dengan jumlah anggota lebih dari 40 orang, maka Anda harus membooking tempatnya terlebih dahulu. Per 40 orang, Anda harus membayar Rp. 500.000 untuk booking tempat kemah.

Yang menarik juga, Anda tidak perlu bersusah payah membawa barang bawaan berupa tenda jika ingin berkemah disini. Hal ini dikarenakan sudah ada tempat penyewaan tenda dengan harga yag terjangkau. Harga penyewaan tenda antara lain mulai dari Rp. 150.000 hingga 700.000 saja. Bukan hanya masalah tenda, perlengkapan camping lainnya juga bisa Anda sewa disini dengan harga yang murah.

2. Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung

Telah dibahas pada pembukaan sebelumnya bahwa di kawasan ini terdapat hewan yang dilindungi, yang mana salah satunya adalah rusa dengan fasilitas konservasi dan penangkaran. Berbeda dengan jika Anda melihat hewan di kebun binatang, melihatnya di penangkaran rusa Ranca Upas akan memberikan Anda penyajian habitat asli dari hewan ini.

Anda juga diperkenankan untuk berinteraksi dengan hewan yang memiliki tanduk di kepalanya ini muali dari memberi makan, mengusap bulunya, hingga berfoto bersama. Dekat dengan hewan yang dilestarikan disini akan memberikan Anda pelajaran yang sangat berharga.

Ada ratusan rusa yang dilepas secara bebas dikawasan penangkaran rusa Ranca Upas Ciwedey ini. Hal ini dikarenakan konsep suatu penangkaran adalah membebaskan ia di habitat aslinya. Kita bisa masuk ke kawasan itu dan merasakan lebih dekat keberadaan mereka di habitatnya.

Nah, mungkin Anda penasaran, jadi berapa HTM yang harus dibayarkan jika Anda datang ke penangkaran rusa satu ini? Anda tidak perlu khawatir karena untuk masuk kesini Anda tidak perlu membayar apapun alias gratis. Meskipun demikian, jika Anda berminat memberi makan kepada rusa yang ada, Anda harus membeli makanannya yang berupa wortel seharga
Rp. 15000-an saja.

3. Pemandian Air Panas di Kampung Cai Ranca Upas Bandung

Menikmati hawa dingin sambil berendam di air panas? Tentu akan membuat liburan Anda semakin sempurna! Anda bisa merasakan air panas di Kampung Cai Ranca Upas ini dengan harga tiket masuk atau HTM yang sangat murah. Bentuk kolamnya yang indah juga sangat instagramable jika Anda ingin menikmati hangatnya air sembari berhunting foto.

4. Kolam Renang dan Waterboom Ranca Upas Bandung

Selain menyuguhkan bentang alam, disini juga ada fasilitas kolam buatan yakni waterboom yang mana menjadi banyak favorit bagi wisatawan. Anda bisa bermain air bersama teman, keluarga atau pasangan Anda disini. Untuk harga tiket masuknya pun cukup murah, Anda hanya perlu mengeluarkan seharga RP. 15.000 untuk menikmati waterboom di Ranca Upas.

5. Fun Adventure, Games, and Outbound

Sudah berkemah, tentu tidak lengkap dong jika tidak melakukan berbagai kegiatan outbound. Disini disediakan areal yang luas bagi Anda untuk bermain game dilengkapi juga dengan banyak fasilitas permainan yang bisa Anda akses. Bermain di areal ini akan merekatkan antara Anda dengan teman, keluarga, ataupun pasangan Anda.

Wahana yang ada di areal Fun Adventure, Games , and Outbound ini antara lain yakni :

Flying fox
Jembatan Elvis Bridge
Jembatan Goyang
Archery War
Sepeda Gunung
Burma V
Wahana Perahu
Perang Paint Bal
Dan lain sebagainya

6. Taman Selfie dan Cafe Ranca Upas Bandung

Disini juga disediakan areal khusus yang dirancang untuk Anda memuaskan hasrat untuk berselfie ria. Tiket masuknya adalah Rp. 10.000 saja, maka Anda akan mendapatkan hasil foto yang ciamik untuk diupload di sosial media Anda. Selain itu, juga terdapat cafe untuk Anda bersantai ngopi sembari menikmati dinginnya suasana Bandung Selatan ini.
7. Tempat Foto Prewedding

Bagi Anda yang mencari tempat berfoto untuk prewedding Anda, Ranca Upas Bandung mungkin bisa Anda pilih. Harganyapun sangat terjangkau, yakni hanya sekitar Rp. 500.000 saja perpasangan. Harga ini sangat murah dibandingkan tempat foto prewedding lainnya di Bandung.

Sam