Parlementaria

Jabar Canangkan Siaga Bencana Sangat Tepat.

KAB BEKASI.SJN COM.-Mengamati kinerja Pemerintah Provinsi Jabar dalam merespon kondisi saat ini, terutama antisipasi bencana, dari hari ke hari kian menunjukkan kemajuan.

Dari laporan yang diterima, siaga bencana sudah menyentuh unit terkecil , sampai ke tingkat Desa.

Syahrir, dalam penjelasannya mengatakan sangatlah tepat jika siaga untuk mengantisipasi bencana alam harus dilaksanakan sejak dini, bahkan di unit terkecil yaitu Desa.

Pasalnya, dari jumlah desa yang ada di Jabar, yang tercatat saat ini mencapai 5.312 desa, dari jumlah tersebut sebanyak 3.500 desa ada dalam resiko sedang.

Bahkan dari jumlah tersebut, dari laporan yang diterima saat ini tercatat ada 19 desa yang masuk resiko tinggi

Fakta lain agar siaga bencana harus dimaksimalkan , kini menghadapi musim penghujan, ancaman bencana banjir maupun longsor rentan terjadi.

Syahrir, dalam penjelasannya mengatakan berkenaan dengan siaga bencana yang sampai ke desa, perlu ada program yang mesti diperkuat.

Untuk masyarakat sebaiknya saat ini segera diberikan sosialisasi dan edukasi tentang kewaspadaan dini untuk menghadapi bencana.

Sementara itu dengan sudah adanya peta yang jelas, wilayah mana yang rawan bencana dengan berbagai kategori, sedini mungkin logistik bisa disebar

Fasilitasi ligustik ini, perlu diberikan secara proporsional disesuaikan dengan kategori potensi bencana.

Bagi aparat desa , jika memungkinkan sampai ke tingkat RT, segera diberikan pelatihan tanggap bencana.

Bencana banjir rentan melanda masyarakat yang saat ini, tinggal di bantaran sungai

Ke depan, perlu ada upaya lain yaitu menyiapkan lokasi permukiman baru atau relokasi

Upaya relokasi ini, memang butuh waktu yang lama, yang tak bisa diselesaikan dalam Hitungan 1 tahun anggaran.
Dari jumlah dana yang dibutuhkan juga cukup besar, sehingga ujar Syahrir dibutuhkan sinergi pendanaan bersama Pemkab dan Pemerintah Pusat.(AP)