Gubernur Ridwan Kamil Apresiasi Program Kemaritiman SMKN 1 Mundu

Cirebon.Swara Jabbar Com.-Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengapresiasi program kemaritiman di SMKN 1 Mundu. Usaha tersebut dinilai sebagai persiapan SMK menghadapi ekonomi maritim di wilayah Segitiga Rebana.

“Akan hadir 4 juta lapangan pekerjaan dengan 13 kota industri, salah satunya berbasis maritim di Patimban. Sehingga, SMKN 1 Mundu ini kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan,” ujar Gubernur usai meresmikan Gedung Ruang Praktik Siswa (RPS) di Kampus 2 SMKN 1 Mundu Kabupaten Cirebon, Jumat (4/2/2022).

Gubernur menjelaskan, bidang kemaritiman memiliki potensi ekonomi yang besar. Mulai dari pangan, kemaritiman di bidang pelayaran, teknologi, logistik hingga manajemen. “Sehingga, tugas SMK itu enggak boleh kaku, jangan kata kita. Industri bergerak ke mana, kita harus ikuti,” jelasnya.

Gubernur pun mendorong SMKN 1 Mundu untuk melakukan digitaliasi dalam dunia perikanan. Sebab, saat ini semua bidang sudah disentuh oleh digital, selaras dengan deklarasi Jabar sebagai provinsi full digital di Indonesia. “Kalau ini berhasil, kita baru bisa sebut Jabar Juara karena SMKN 1 Mundunya Tegasnya.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi, Gubernur meninjau gedung RPS sebagai ruang penelitian penyakit ikan, pembuatan aquascape, dan budi daya ikan hias. Di kampus 2 pun terdapat bioflok sebagai teknologi budi daya ikan, pembuatan pakan serta gedung pascapanen.

Kampus tersebut dikelilingi tujuh kolam ikan. Lima kolam untuk pembesaran kolam dan ikan, satu kolam pendederan/penaran serta satu reservoir/tandon. Gubernur juga berkesempatan memanen ikan nila dan udang di salah satu kolam. (die)

 


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.