Politik

Jelang Pemilu 2024, Partai Nasdem Purwakarta Dorong Pemda Melakukan Pemutakhiran Data Kependudukan

PURWAKARTA.SJN COM.-Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat (DPD Partai Nasdem) Kabupaten Purwakarta Luthfi Bamala mengatakan, DPD Partai Nasdem Purwakarta sangat mendorong sekali pada Pemerintah Daerah Purwakarta, khususnya Disdukcapil dalam mengakurasikan data penduduk menjelang dilaksanakannya Pileg tahun 2024.

Luthfi melanjutkan, berdasarkan data yang ada di Disdukcapil yang dibuat pada akhir Bulan Oktober 2021 jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta itu sebanyak satu juta lebih. “Kalau sudah satu juta lebih, harusnya sesuai peraturan dan undang-undang, jumlah kursi yang ada di DPRD Purwakarta bukan sebanyak 45 kursi, akan tetapi bertambah menjadi 50 kursi,” kata Luthfi pada awak media usai menerima anggota Komisioner KPU Purwakarta, Kamis (17/2/2022).

Luthfi mendorong hal itu agar pemerintah lebih serius dalam melakukan pemutakhiran jumlah penduduk. Kami Partai Nasdem juga mensikapi dan mendorong pemerintah daerah untuk membuat Perda atau membuat aturan terkait dana cadangan untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, anggarannya kita tahu sering refocusing, maka tidak ada salahnya sesuai yang sudah dilakukan oleh pihak provinsi yaitu menabung anggaran.

Dalam hal dana cadangan untuk Pemilu 2024 ini, menurut Luthfi, baik DPRD maupun stakeholder lainnya harus serius juga menangani masalah ini agar penyelenggaran Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan sukses. “Pihak Provinsi Jawa Barat saja sudah melakukan hal ini,” ujar Luthfi.

Kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisioner KPU ke Kantor DPD Partai Nasdem Purwakarta itu dalam rangka mensosialisasikan perkembangan terkait kontestasi Pileg tahun 2024. Pada kesempatan itu dibahas aturan penyelenggaraan Pemilu sampai pemetaan Daerah Pemilihan.(Supriyadi)