Ragam

Oey See Tjiaw (Aan Widjaya) Sinshe Dermawan teladan kehidupan 大方辛舍,人生楷模 Dàfāng xīn shě, rénshēng kǎimó

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya
Ada sebuah kata mutiara dalam Bahasa Jepang 後世に富を相続するのではなく、善行を相続し、善行を相続するとき、後世の永遠の相続となる
Kōsei ni tomi o sōzoku suru node wa naku, zenkō o sōzoku shi, zenkō o sōzoku suru toki, kōsei no eien no sōzoku to naru artinya jangan warisi kekayaan kepada anak cucu, tetapi warisilah perbuatan amal yang baik, menjadi warisan yang kekal bagi anak cucu ketika kita mewarisi perbuatan amal yang baik
Dalam bahasa mandarinnya 不给子孙继承财富,而是继承善行,继承善行,成为子孙后代永恒的遗产
Bù gěi zǐsūn jìchéng cáifù, ér shì jìchéng shànxíng, jìchéng shànxíng, chéngwéi zǐsūn hòudài yǒnghéng de yíchǎn memiliki arti yang sama, jangan warisi kekayaan kepada anak cucu, tetapi warisilah perbuatan amal yang baik, menjadi warisan yang kekal bagi anak cucu ketika kita mewarisi perbuatan amal yang baik.
Ketika kita tabur amal kebaikan dan tabur rejeki dalam kehidupan, maka anak cucu yang dapat menikmatinya hal ini di alami oleh Yeni S Yohanes, perbuatan baik kakeknya membuat kehidupan Rev Yenny S Yohanes mendapatkan banyak rejeki.
Oey See Tjiaw (Aan Widjaya)adalah sinshe di Cimahi (sinshe adalah tabib ahli pengobatan).
Mereka yang miskin tidak memiliki dana jika sebelumnya bicara terus terang, datang berobat kepada Sinshe Oey See Tjiauw gratis tidak bayar, bahkan diberikan makan dan dana untuk ongkos pulangnya.
Sekitar tahun 1980an Oey See Tjiauw (Aan Widjaya)membuka rumah makan di Cimahi namanya Rumah makan Unyil, saat itu Serial boneka Unyil lagi nge trend di salah satu stasiun tv, mereka yang tidak memiliki dana, jika bicara jujur terbuka sebelum makan diberikan makan gratis asal bicara jujur terbuka sebelum makan di rumah makan milik Oey See Tjiauw.
Rev Yenny S Yohanes suka diminta oleh kakeknya untuk membantu kakeknya untuk mencuci piring bekas makan mereka yang berobat tidak memiliki dana, dan Rev Yenny S Yohanes hanya dapat uang seketip untuk beli permen satu biji, Yenny S Yohanes sebagai cucunya protes karena sebagai cucunya hanya dapat uang sedikit sedangkan kepada orang lain kakeknya kasih uang yang besar. Kakeknya berkata suatu saat nanti Yenny akan mengerti bahwa ketika kita tabur kebaikan akan mendatangkan rejeki.
Amal perbuatan baik kakeknya menjadi warisan yang tidak ternilai bagi Yenny S Yohanes sebagai cucunya.
Anak anaknya Oey See Tjiaw panggil Euneng ke beliau karena dulu karyawan Oey See Tjiauw panggil eneung jadi anak anak tidak ada yang panggil papa kecuali yang bungsu. Euneng artinya bos
Oey See Tjiauw lahir di Tiongkok 1911 meninggal di Cimahi 1983.
Rev Yenny S Yohanes mewarisi sifat kedermawanan dari Oey See Tjiauw tiap hari memberi makan kepada tunawisma, bahkan mereka yang memiliki penyakit jiwa di jalanan dimandiin, dirawat oleh Yenny S Yohanes, saat ini Yeni S Yohanes sebagai ketua Rantai Doa Nasional di Bandung dan Rev Yenny S Yohanes sebagai Ketua MUKI Kab Bandung Barat dan pengurus beberapa organisasi di Jabar