Sektor UMKN Menjadi Primadona Bagi Kaum Perempuan

Bandung.Swara Jabbar Com.-Perempuan memiliki peran dan jasa yang besar dalam menumbuh kembangkan perekonomian terutama melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Usaha mikro dimana lebih dari setengahnya dimiliki dan dikelola oleh perempuan.Pemilik dan pengelola UMKM perempuan cenderung akan mempekerjakan perempuan lain dalam menjalankan usahanya.

Dengan adanya UMKM perempuan memiliki efek multiplier terhadap kesejahteraan perempuan secara keseluruhan karena telah turut serta membuka lapangan pekerjaan bagi perempuan lainnya. Hal ini dikatakan Dra.Hj.Tia Fitriani sebagai Angggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat. .

Lebih jauh Politisi Perempuan Partai NasDem asal Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menegaskan meskipun kini UMKM telah menjadi primadona bagi perempuan dalam pemberdayaan secara finansial, namun masih banyak hambatan dan kendala yang dialami oleh para perempuan untuk dapat berkontribusi lebih besar terhadap ekonomi. Ketiadaan dukungan keluarga, sulitnya pembagian waktu dengan tugas domestik, hingga terbatasnya akses permodalan menjadi masalah klasik bagi perempuan yang akan atau sedang terjun dalam dunia kewirausahaan.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga berhasil melumpuhkan geliat perekonomian secara global juga menjadi salah satu dari sekian banyak tantangan dan hambatan yang di hadapi oleh para perempuan penggiat ekonomi ujarnya.

Dengan banyaknya dukungan bagi pelaku UMKM perempuan dari berbagai macam elemen diharapkan dapat memaksimalkan dan mengembangkan potensi-potensi pelaku UMKM perempuan sehingga dapat berkontribusi dalam perekonomian di Jawa Barat khususnya memulihkan perekonomian pasca pandemi Covid-19, dan terwujudnya perempuan-perempuan Jawa Barat  yang mandiri dan berdaya secara ekonomi Pungkasnya. (AP)

 

 


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.