Regional

Jelang Idul Fitri, Pemkab Bandung Gelar OPM

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) bersubsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Cakra Amiyana menyampaikan, selain untuk memenuhi permintaan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), OPM tersebut juga bertujuan untuk menekan gejolak kenaikan harga kepokmas di pasaran.

Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, OPM bersubsidi yang diinisiasi Pemprov Jabar merupakan kontribusi nyata dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Menghadapi lebaran seperti saat ini, permintaan akan kebutuhan pokok menunjukkan tren yang meningkat dan biasanya dibarengi pula dengan kenaikan harga dari beberapa komoditas, hal ini tentunya mempengaruhi daya beli masyarakat, terlebih pada kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini,” jelas sekda disela kegiatan OPM di Kantor Kecamatan Solokanjeruk, Kamis (28/4/2022).

Selain OPM, Pemkab Bandung pun telah melakukan sejumlah upaya dalam melaksanakan fungsi pengendalian stok dan stabilisasi harga kebutuhan pokok. Diantaranya pelaksanaan OPM di beberapa pasar daerah dan OPM minyak goreng bersama bulog dan PT. PN Group di 31 kecamatan.

“Kami juga sempat melakukan monitoring ketersediaan stok dan stabilisasi harga di seluruh pasar rakyat dan ritel modern, juga OPM bersubsidi yang bekerjasama dengan Bulog dan PT. Agro Jabar di Sembilan kecamatan, yang diperuntukan bagi keluarga kurang mampu,” urai Cakra.

Pada OPM bersubsidi kali ini, sebanyak 6.000 paket sembako telah disediakan Pemprov Jabar. Jumlah tersebut nantinya akan disebar ke tiga kecamatan, yakni Solokanjeruk, Majalaya dan Bojongsoang.

“Artinya masing-masing kecamatan akan disediakan sebanyak 2.000 paket, dengan harga tebus masyarakat sebesar Rp.80.700,- per paket,” ucapnya.

Sekda berharap, OPM bersubsidi tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

“Kami sangat berharap, OPM ini dapat tepat sasaran. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pun dapat ikut bersuka cita dalam merayakan peringatan Hari Idul Fitri,” pungkas Cakra Amiyana. (Dian S)