UNIKNYA IDUL FITRI DI KAMPUNG KEBANGSAAN, ADA PESAN MORAL HARDIKNAS

Kediri.Swara Jabbar Com.-Momen Hardiknas yang bersamaan dengan Hari Raya Idul Fithri tidak membuat Kampung Kebangsaan Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno di Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri harus melupakan hari sejarah. Justru hardiknas akan diperingati dengan cara yang unik.

Kegembiraan dan hiruk pikuk  Idul Fitri nampaknya tidak membuat semangat kebangaaan ditempat itu meredup. Hardiknas yang jatuh pada hari yang bersamaan dengan Idul Fitri, 02 Mei 2022 mendatang.

“Nanti kita tetap akan mengadakan tasyakuran Hari Pendidikan Nasional dengan seremonial doa bersama dan santunan. Bedanya, karena bertepatan pada Hari Raya Idul Fitri semua juga pada sibuk, maka pesan moral hardiknas kita sampaikan dalam bentuk yang lain,” aku Sikan Abdillah Ketua Panitia Hardiknas.

Kali ini suguhan Idul Fithri  bukan hanya roti dan jajanan, ditambahkan ada buku, pencil dan penggaris. Semua yang  bertamu boleh mengambilnya.

“Nanti pasti ada pertanyaan, kok suguhannya Idul Fithri ada buku, bulpen, pencil dan penggaris. Iya, Idul Fitri inikan bertepatan dengan Hardiknas. Nah, disinilah pesan hardiknas masuk dan pasti akan dikenang,” jelas Sikan tersenyum.

Bahkan selain suguhan yang berupa alat-alat tulis juga ada bingkisan khusus bagi tamu anak-anak yatim.

“Kalau  biasanya santunan kita serahkan pada acara seremonial khusus pada hardiknas monen Idul Fitri ini kita berikan pada saat shillaturrahmi lebaran pas tanggal 02 Mei itu,” tambah L. Sudiarto Sekretaris Panitia Hardiknas.

Bukan hanya itu rencanya ucapan selamat lebaran Idul Fithri 1443 H pas tanggal 02 Mei 2022 di Kampung Kebangsaan Kampung Kebangsaan Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno  juga ditambahkan selamat Hari Pendidikan Nasional.
“Ini sebuah sebuah pendidikan keagamaan dan kebangsaan.  Agama sangat penting, tapi kebangsaan juga penting. Beragama tanpa kesadaran berbangsa bisa membahayakan, keras, sombong, radikal, intoleran. Maka kita perlu terus dorong dan memperkuat kesadaran beragama dan kesadaran bernegara ini,” ujar Kushartono Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Kediri.

Menurut Pria yang juga Ketua Departemen Pendidikan DPP PCTA Indonesia ini, penyampaian pesan moral Hardiknas dengan suguhan buku, bulpen dan pencil pada momen yang bertepatan  Idul Fthri ini juga dilakukan di beberapa daerah yang lain.

“Kepada teman-teman, rekan-rekan,  dan juga melalui jaringan Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan Se-Indonesia.  Kita mengajak mari kita tidak melupakan Hardiknas. Dengan cara sederhana tambahkan suguhan buku, bulpen, pencil menurut kemampuan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” paparnya.

“Semoga Allah Memberkati dan Merahmati kita semua. Jas Merah. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa-jasa pahlawannya,” pungkas Kus.* (red)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.