Regional

SANG PELUKIS BUNG KARNO PERAIH REKOR MURI AKSI DIIRINGI TARI, MUSIK DAN PUISI DI KEDIRI

Kediri.Swara Jabbar Com.-Melukis diiringi tari, musik dan puisis pasti unik, apalagi yang dilukis adalah tokoh besar Soekarno dan sang pelukis pernah mendapatkan rekor muri. Inilah diantara agenda kegiatan untuk menyiarkan Hari Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno Ke-120 di Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri pada, 05-06 Juni 2022 mendatang.

“Mas Sonny Yuliono ini pernah melukis Bung Karno dengan lebar 10 meter dan tingginya 22 meter. Lukisan ini tercatat dalam penghargaan rekor Muri No.511/R. MURI/VII/12 sebagai lukisan Bung Karno tertinggi sepanjang sejarah,” aku Suhardono Ketua Panitia Harlah Bung Karno Kediri. Sabtu, 04 Juni 2022.

Dijadwalkan sang pelukis akan datang bersama rombongan bersama tim pendukung yang akan melukis pada ivent Hari Lahir Bung Karno.

“Rombongan dari Blitar akan datang ke Ndalem Pojok dua mobil. Sang pelukis, pendamping dan juga tim macapat,” aku Ki Ludem Kartowibowo tim lukis dari Blitar.

Menurut sang Pelukis dia akan mulai melukis pada sore pukul 15.00 Wib hari Sabtu, 05 Juni dan ditargetkan selesai menjelang fajar pada tanggal, 06 Juni 2022.

“Jadi ini nanti harus selesai pas fajar, sebagaimana tahu Bung Karno adalah putra sang fajar karena memang lahir pada saat fajar menyingsing,” aku Sonny Yuliono.

Menariknya selama proses melukis Soni meminta terus diiringi dengan beragam kesenian. Mulai tari, karawitan, tembang mocopat, musik maupun puisi.

“Alhamdulillah sudah kita siapkan semuanya. Anak-anak tari, musik dan puisi akan mengiringi dari siang hingga malam. Kemudian dilanjutkan oleh para sesepuh dari mocopat akan menemani sampai pagi,” ujar Lukito Sudiarto seksi acara Harlah Bung Karno.
Lukito mengaku ada dari sanggar tari Sasono Pandji Saputro Situs Ndalem Pojok, Sanggar Pecok Segaran, Sanggar Tari Ganapati Kusuma Laras dan Beautiful band.

“Ini spesial sekali, melukis Bung Karno semalam harus selesai dan harus diiringi seni budaya,” tambah Lukito.

Bagi masyarakat Blitar nama Soni Yulianto sudah tidak asing lagi. Selain pernah memukau dengan lukisan Bung Karno setinggi 22 meter, Soni juga pernah melukis 114 wajah Bung Karno dalam satu kanvas yang juga merupakan rekor lukisan Bung Karno terpanjang.

Rangkaian kegiatan Tasyakuran Hari Pancasila dan Harlah Bung Karno Ke-120 yang diselenggarakan oleh DPP PCTA Indonesia bekerjasama dengan Persada Sukarno Situs Ndalem Pojok Kediri dan didukung oleh 20 lembaga dan komunitas dengan beragam kegiatan ini akan disiarkan secara live di media sosial. Seperti pengobatan gratis, melukis, pertunjukan seni budaya, doa bersama lintas agama untuk kesuksesan G-20 dan Pemilu serentak 2024.

“Ini permintaan khusus dari Yayasan Bung Karno Jakarta. Supaya acara ini bisa disiarkan seluas-luasnya. Semua ini tentu demi mengagungkan Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno. Dan sesuai dengan tema kita pada tasyakuran ini “Bung Karno, Pancasila dan Perdamaian Dunia,”. Harapan kita bangsa dan negeri ini, rakyat dan para pejabat ini ingat dan sadar akan cita-cita para founding fathers sesuai UUD 1945 ikut menertibkan dunia atau dalam bahasa lain Indonesia imam perdamian dunia,” papar Kushartono Ketua Harian Persada Sukarno Kediri.*