Parlementaria

DPRD Jabar Dukung Penambahan USB

Bandung.Swara Jabbar Com.-Untuk meningkatkan Angka Partisipasi Sekolah (APK) di jenjang SMA dan SMK, dukungan sarana dan prasarana masih perlu ada penambahan. Dukungan itu, perlu direalisasikan melalui pengadaan Unit Sekolah Baru (USB).

Oleh karenanya, sejalan dengan penetapan program dalam APBD Provinsi Jabar, pengadaan USB harus menjadi prioritas, ungkap Anggota Fraksi PKS DPRD Jabar Dapil Kota Bandung dan Cimahi, Hj. Siti Muntamah, dalam keterangannya kepada media di sela-sela reses DPRD Jabar, baru-baru ini

Siti, dalam keterangannya mengatakan dari Aspirasi dalam reses pekan ini, salah satunya muncul aspirasi tentang perlunya penambahan USB.

USB, sebagai gambaran Saja di Kota Bandung masih diperlukan. Di Kota Bandung, masih dibutuhkan USB SMA/SMK di dua Kecamatan, masing-masing Cidadap dan Sukajadi.

Di dua Kecamatan itu, itu hingga saat ini belum ada sekolah Negeri baik SMA maupun SMK.

Siti, dalam keterangannya mengatakan sejak tahun 2017, kewenangan untuk mengelola pendidikan jenjang SMA dan SMK ada di pihak Pemerintah Provinsi.

Adapun salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan Pemerintah Provinsi, adalah meningkatkan sarana dan prasarana diantaranya USB.

Untuk peningkatan USB, diharapkan setiap Kecamatan di Jabar memiliki satu sekolah Negeri, bisa SMA atau SMK.

Pemenuhan target tersebut, dimaksudkan untuk memenuhi syarat zonasi sebagai salah satu syarat dalam seleksi PPDB ke sekolah Negeri.

Kondisi eksisting, di seluruh Jabar blank spot sekolah SMA/SMK mencapai lebih dari 600 SMA.

Harapannya, ujar Siti secara bertahap pengadaan USB bisa dituntaskan terutama di Kecamatan dengan kategori blank spot. (die)