Regional

Di Era Digital Kompetensi Wartawan Sudah Saatnya Ditingkatkan

Garut.Swara Jabbar Com.-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, melalui Sub Koordinator Kemitraan Informasi Publik, Yanyan Agus Supianto berterimakasih kepada GAWAT (Garda Wartawan Kuat) Kabupaten Garut yang telah memberikan kontribusinya dalam pembangunan di Kabupaten Garut. Sepert halnya organisasi profesi sejenisnya, yang tidak hanya mengkonfirmasikan, namun juga mengedukasi masyarakat.

“Apalagi memang fungsi media itu adalah selain menginformasikan, mengedukasi juga memberikan semacam ya mungkin kontrol sosial juga atas penyampaian pemberitaan di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai SKPD yang diberikan kepercayaan oleh pemerintah daerah miliki kewajiban untuk tetap bermitra dan berkolaborasi dengan para jurnalis dalam penyebaran informasi kepada masyarakat.

Dengan 13 organisasi kewartawanan dan 300 profesi wartawan yang bertugas di Kabupaten Garut, sebutnya, sudah saatnya kompetensi wartawan harus ditingkatkan, baik melalui pelatihan-pelatihan maupun uji kompetensi yang sudah menjadi keharusan dalam mengembangkan profesinya.

“Bagi saya itu adalah potensi bagaimana penyebaran informasi itu minimal oleh 300 awak media itu bisa tersebar, belum lagi ada media sosial yang saat ini memang kadang-kadang lebih cepat (penyebaran informasinya),” tuturnya.

Sementara itu, Ketua GAWAT Garut, Heru Sugiman, menyampaikan, acara Halal Bi Halal ini digelar sebagai sebuah usaha menyatukan dan memperkuat hubungan antara para anggota organisasi agar dapat mempererat hubungan dan membangun loyalitas antar sesama organisasi kewartawanan.

“Kesempatan ini saya hanya mengingatkan bahwa acara ini bagian daripada konsolidasi bagian dari pada kristalisasi organisasi, untuk lebih kita mawas diri, bahwa organisasi ini tidak akan berjalan dengan baik, kuat, dan tangguh,” Ucapnya.

Heru mengungkapkan di era digitalisasi yang semakin canggih ini, perkembangan jurnalistik harus semakin dinamis mengingat kecepatan penyebaran informasi yang sangat cepat dan cakupan penyebaran beritanyapun sangat luas. Oleh karena itu jurnalis harus bisa beradaptasi dalam situasi tersebut.

Heru berharap, para jurnalis dapat meningkatkan kemampuan, memperbaharui diri agar dapat ikut serta dalam perkembangan zaman khususnya dalam bidang penyebaran informasi. (Sumpena)