Pemerintahan

Hasil Riset Counter Narrative Bisa Meminimasir Berita Hoaks

Bandung.Swara Jababr Com.-Jabar Saber Hoaks bekerjasama dengan Universitas Islam Bandung mengadakan Pemaparan tentang Hasil Riset Counter Narrative Terhadap Saber Hoaks bertempat di Aula Hj.Kartini Kridhoharsojo Kampus 1 Unisba Jl.Tamansari No.1 Bandung. Rabu (24/8/2022).

Riset tersebut dilakukan beberapa dosen Fikom Unisba dan dibantu oleh Tim Jabar Saber Hoaks

Tujuan penelitian tersebut untuk mengukur sejauhmana Counter Narrative yang disampaikan berpengaruh di masyarakat. Selain itu, juga mengukur sejauhmana krebilitas Jabar Saber Hoaks sebagai sumber pesan berpengaruh di masyarakat.

Kita ketahui, Jabar Saber Hoaks adalah satuan unit kerja dibawah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang dibentuk pada tanggal 7 Desember 2018 melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 700.05/Kep.1261-Diskominfo/2018 tentang Tim Jabar Saber Hoaks Provinsi Jawa Barat.

Jabar Saber Hoaks memiliki tugas dan fungsi untuk memverifikasi informasi atau rumor yang belum jelas fakta-faktanya yang beredar di tengah masyarakat. Verifikasi informasi dilakukan melalui proses konfirmasi dan kompilasi serta pengolahan data-data dari sumber atau rujukan yang aktual dan kredibel.

Sementara itu, Sekretaris Komsii I DPRD Jabar Sadrar Muslihat ,Sangat mengapresiasi degan acara ini .Semoga dengan acara ini biasa meminimasir berita-berita Hoaks. ujarnya.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika Provinsi Jabar Ika Mardiah. (die)