Parlementaria

Aleg PKS Sari Sundari : Desa Wisata Memperkokoh Kearifan Lokal

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan Jabar II (Kabupaten Bandung) Hj.Sari Sundari.SoS.MM melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Tentang Desa Wisata bertempat di Sekretariat Lembaga Puspitawati Kelurhanan Bale Endah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Minggu (29/8/2022).

Saat Sosialisasi Perda Desa Wisata dengan Mengangkat Kearifan Lokal, dengan langsung menampilkan Tarian Sunda yang diperagakan seorang remaja putri.

Aleg PKS Sari Sundari menuturkan Kearifan lokal sangat penting untuk dilestarikan dalam suatu masyarakat untuk menjaga keseimbangan dengan likungannya dan sekaligus dapat melestarikan lingkungannya. Masyarakat harus mengenal dan mengerti arti penting dari kearifan lokal agar budaya yang mereka punya tidak mudah bercampur dengan budaya baru yang masuk.

Tujuan kearifan lokal adalah untuk melindungi budaya lokal dari budaya asing. Kearifan lokal juga mempunyai manfaat untuk mempertahankan lingkungan dari kerusakan ucap Sari.

Anggota Fraksi PKS Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) Sari Sundari mengungkapkan Peemerintah Provinsi Jawa Barat kini punya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Desa Wisata.

Lebih lanjut, Sari menegaskan Perda ini dibuat untuk tujuan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di desa-desa yang berpotensi menjadi desa wisata dengan kondisi alam dan kearifan lokal yang berkarakter.Sehingga Perda Desa Wisata ini memacu desa-desa wisata di Jawa Barat untuk berlomba mempercantik desanya.

Adapun poin dalam Perda Desa Wisata itu di antaranya, pemetaan dan pengembangan potensi desa wisata, pemberdayaan desa wisata, dukungan penyediaan infrastruktur desa wisata, dan sistem informasi desa wisata ucapnya,
Keberadaan Perda Desa Wisata ini diharapkan dapat memfasilitasi desa-desa di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata untuk menjadi desa wisata..Sehingga, akan berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan desa tutup Sari.(die)