Parlementaria

Legislator PDIP Nia Purnakania : Masyarakat Masih Membutuhkan Program Rutilahu

Bandung.Swara Jabbar Com.-Upaya mengurangi kawasan kumuh, pemerintah telah meluncurkan program rumah tidak layak huni (Rutilahu).Meskipun program rutilahu sudah berjalan dan terwujud.Namun masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan program rutilahu.

Pada tahun ini, Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat menargetkan pemugaran rutilahu sebanyak 9.513 unit. Anggaran yang disiapkan yakni sebesar Rp189 miliar.Hal ini dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Nia Purnakania.

Lebih lanjut Politisi Perempuan Partai PDI Perjuangan Nia Purnakania menilai program bantuan rutilahu dapat mewujudkan hunian yang sehat bagi masyarakat penerima bantuan. Saat ini telah menyelesaikan 38.290 unit rutilahu yang tersebar di 1.232 desa/kelurahan. Program perbaikan rutilahu diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan secara langsung bagi warga Jawa Barat.

“Diharapkan, setelah rutilahu diperbaiki, derajat kesehatan penghuninya meningkat begitu juga produktivitasnya, pendapatan juga serta ekonomi dan kesejahteraannya,”ucapnya.

Masyarakat yang mendapatkan anggaran bantuan pemugaran sudah terseleksi di tingkat desa melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Selanjutnya, data diajukan ke pemerintah kabupaten/kota untuk dilakukan verifikasi. Data penerima bantuan itu juga tercantum dalam Si Rampak Sekar (Sistem Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Barat dan pemerintah pusat). Sementara itu, syarat calon penerima dan calon lokasi (CPCL), antara lain lahan milik sendiri, kategori MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) serta luas ruang yang mencukupi. (AP)