Sitrun Bisa Efektif Obati Ternak Kena PMK

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Sitrun ternyata bisa efektif buat obati ternak yang kena PMK.
Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, mengajukan 38.000 dosis vaksin ke pemerintah pusat, untuk mengatasi kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak.

Agar penyebaran kasus tak semakin merajalela, Dinas Pertanian kini menyosialisasikan penggunaan asam sitrat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengakui, dalam sebulan terakhir ini kasus PMK menyebar dengan cepat di berbagai daerah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan data terakhir, sebanyak 2.658 hewan terjangkit PMK, yang sebagian besar ialah sapi perah.

Pihaknya pun mengajukan bantuan vaksin PMK ke pemerintah pusat dengan jumlah dosis sesuai dengan target risiko.
Meski saat ini ada 2.658 hewan yang terkena PMK, tapi ada sekitar 19.000 hewan yang berisiko turut terpapar berdasarkan daerah dengan situasi kasus positif.

“Jadi target vaksinasi itu minimal berdasarkan populasi berisiko dikali dua, berarti 38.000 vaksin. Kalau nanti kami menemukan wilayah lain dengan kasus PMK, jumlah populasi berisiko akan bertambah, kemungkinan pengajuan vaksin juga bisa lebih,” katanya, beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Tisna mengaku belum tahu kapan dan berapa banyak vaksin PMK yang akan diterima, karena kewenangannya berada di tangan Kementerian Pertanian.

Untuk mencegah penyebaran kasus yang semakin meluas, pihaknya kini menyosialisasikan penggunaan asam sitrat atau sitrun buat mengobati hewan yang terkena PMK.
Asam sitrat, kata dia, cukup efektif buat mengobati PMK, pengaruhnya pun bisa langsung terasa dalam waktu sehari.

“Hasil dari percobaan teman-teman di lapangan, oleh dokter hewan, paramedis, lalu penyuluh, yang cukup signifikan untuk penyembuhan itu pakai asam sitrat atau sitrun. Sitrun ini kan bisa dibeli dengan mudah, harganya juga murah,” katanya.

Dalam penggunaannya, dia menjelaskan, asam sitrat dilarutkan ke dalam air hangat, kemudian diaplikasikan ke tempat yang luka, baik di rongga mulut gusi, dengan memakai kuas atau kain. Larutan air dan asam sitrat itu juga bisa diaplikasikan dengan cara disemprotkan.

“Buat kakinya juga bisa dicelupkan atau dibanjur ke sela-sela kaki. Memang penggunaan sitrun buat pengobatan ini dari hasil coba-coba, termasuk oleh teman-teman peternak, tapi hasilnya cukup efektif. Bisa juga penggunaan sitrun ini dikombinasikan dengan madu,” ucapnya. (*)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.