Legislator PKS Sari Sundari Meminta Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kabupaten Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKS Hj.Sari Sundari, S.SoS MM mengimbau masyarakat waspada dengan kondisi perubahan cuaca dan bencana alam. Kebencanaan di Jawa Barat mayoritas berhubungan dengan air. Kalau musim hujan terjadi banjir.

Legislator PKS yang duduk di Komisi V DPRD Jawa Barat mengatakan bencana longsor juga kerap terjadi di Jabar. “Jadi saya minta kepada warga Jawa Barat selalu waspada, kalau hujan agak deras tensinya atau volumenya, tolong diwaspadai aliran sungainya. Kedua, bagi warga yang tinggalnya di kemiringan tanah, itu lebih sering terjadi longsor , itu juga harus diwaspadai ,” ucap Sari Sundari.

Sari Sundari (SADAR) mengimbau masyarakat untuk rutin mengecek informasi tentang perkiraan cuaca harian. Rutinitas demikian dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana. Selain itu, bisa membantu masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari imbuhnya.

Ia menuturkan, bencana akan selalu ada karena letak geografis, pegunungan banyak tanah labil. Di saat kondisi seperti itu banyak penebangan hutan, dan akhirnya jika terjadi hujan besar maka tanah tidak bisa menampung air sehingga mengakibatkan banjir maupun longsor.

“Dengan terjadinya bencana alam ini kita sudah punya siklus waktu, kalau sejak dulu kata orang memasuki bulan September hingga Desember selalu terjadi musim hujan, tapi sekarang malah di awal bulan sudah terjadi musim hujan,” ujarnya.

Sesuai dengan perkembangan waktu, lanjutnya, menjadikan perubahan cuaca yang ada di Indonesia adanya perubahan iklim, karena iklim di Indonesia sangat strategis dan mengakibatkan musim bergeser.

“Sehingga dengan terjadinya bencana yang terus terjadi di Jawa Barat, BPBD harus menyiapkan anggaran untuk satu tahun kedepan, karena bencana alam tidak bisa di prediksi kapan datang,” tandasnya.

Politisi Perempuan PKS Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) Sari Sundari (Sadar) berharap BPBD Jabar serta BPBD Kabupaten/Kota harus Siaga akan Kebencanaan dan berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada akan potensi cuaca ekstrem yang disertai hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada periode sepekan ke depan atau 9-15 Oktober. Untuk itu, masyarakat diminta waspada potensi cuaca ekstrem tutup Sari Sundari.(AP)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.