Pemerintahan

JELANG PEMILU 2024, Ridwan Kamil Harap Semua Jaga Kondusivitas Jabar

Bandung.Swara Jabbar Com.-Gubernur Ridwan Kamil mengingatkan semua pemangku kepentingan menjaga kondusivitas Jawa Barat dalam Pemilu 2024 yang tahapannya sudah dimulai dari sekarang.

Dimulai dari sosialisasi dan edukasi tentang pemilu dan pentingnya partisipasi politik masyarakat menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan. Kemudian, dibutuhkan kedewasaan politik agar pemilu tetap berjalan damai meskipun beda pilihan.

Gubernur meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan semua peraturan sehingga semua tahapan pemilu berjalan sesuai prosedur dan tidak ada gugatan di kemudian hari.

Kang Emil ungkapkan saat Sosialiasi Regulasi dan Konsolidasi KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Harris Hotel and Convention Festival, Jalan Peta, Kota Bandung, Rabu (12/10/2022).

Termasuk, kata Gubernur, aturan mengenai pencalonan kepala daerah dan anggota legislatif harus betul – betul selektif. Sehingga orang yang hendak mencalonkan diri tidak asal – asalan memenuhi persyaratan administrasi.

Gubernur Ridwan Kamil juga menitip pesan kepada KPU Jabar agar melakukan refleksi pemilu dengan terus memperbaiki penyelenggaraan dan dari segi anggaran semakin murah.

“Suatu hari nanti demokrasi ini adalah pilihan yang diterima masyarakat dan menghasilkan progres kualitas pemimpin dan pembangunan yang luar biasa,” pungkas Ridwan Kamil.

Sosialiasi Regulasi dan Konsolidasi KPU digelar dalam rangka persiapan verifikasi faktual partai politik Pemilu 2024.(die)