Ekonomi

Nasib Ekonomi menengah di tahun politik 2023

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

人生的赢家,不是永不失败,永不失败,而是那些时刻愿意尝试从失败中爬起来,从失败中爬起来,孜孜不倦地努力争取成功的人。
Rénshēng de yíngjiā, bùshì yǒng bù shībài, yǒng bù shībài, ér shì nàxiē shíkè yuànyì chángshì cóng shībài zhōng pá qǐlái, cóng shībài zhōng pá qǐlái, zīzībùjuàn de nǔlì zhēngqǔ chénggōng de rén. Artinya pemenang dalam kehidupan bukanlah tidak pernah gagal dan bukanlah tidak pernah kalah, tetapi mereka yang selalu mau berusaha untuk bangkit dari kegagalan, bangkit dari kekalahan, rajin tekun mencoba meraih keberhasilan
Tahun 2023 adalah Tahun Politik menjelang Pemilu 2024. Tiap peserta Partai Pemilu pasti mempersiapkan diri menjelang Pemilu 2024 Jargon Jargon Politik mulai dikumandangkan. Tetapi adakah mereka peduli dengan ekonomi kelas menengah di saat adanya Krisis Ekonomi Global
Mengutip dari CNBC 13 Oktober 2022, Sri Mulyani menyebut krisis pangan akan menghampiri dunia dalam kurun waktu 8-12 bulan ke depan.
Adapun kondisi ini akan diperparah dengan ketersediaan pasokan pupuk. Dia melihat ada kekhawatiran bersama di antara negara G20, Bank Dunia, ADB dan FAO terkait dengan pupuk.

“Masalah pupuk hari ini akan memiliki dampak pada ketersediaan pangan atau bahkan krisis pangan dalam 8-12 bulan ke depan,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, The 1st Joint Finance and Agriculture Ministers Meeting.

“Jadi kita akan menuju 2023 dengan risiko tinggi dengan masalah pangan ini,” lanjutnya.
Bank Dunia telah berkomitmen untuk menyediakan US$ 30 juta dalam pendanaan baru atau yang sudah ada untuk proyek terkait ketahanan pangan dan nutrisi untuk beberapa tahun ke depan.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pun turut menyediakan perkembangan kondisi pasar pangan, termasuk melalui G20 Agricultural Market Information System.
Tantangan tahun depan di tahun 2023, dunia akan dihadapkan pada suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) yang diperkirakan tetap agresif, dan dapat mencapai 3,4% pada akhir tahun.
Perusahaan perusahaan saat ini banyak PHK karyawan karena Krisis ekonomi di Eropa dan Amerika. Banyak produk textil kita yang tidak bisa di export ke sana karena krisis di Eropa dan Amerika
Berdasarkan data Serikat Pekerja dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, jumlah pekerja di Jabar yang di-PHK dari Januari hingga 29 September 2022 tercatat 43.567 orang yang tersebar dari 87 perusahaan.

Perusahaan yang terdampak krisis ekonomi ini bergerak di bidang garmen, produk tekstil, dan turunannya.

“Luar biasa di Indonesia itu hanya Jawa Barat yang paling terdampak karena provinsi lain kebanyakan pasarnya lebih banyak pasar dalam negeri. Jawa Barat ini pasarnya memang ke Eropa sama Amerika,” katanya, dikutip dari Antara.
Ekonom Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan fenomena PHK yang terjadi sangat memungkinkan Indonesia masuk dalam jurang resesi pada tahun depan.

Ia menjelaskan dari sisi gejala PHK di banyak sektor, ini menjadi tanda-tanda terjadinya stagflasi, yaitu kenaikan inflasi yang tidak dibarengi dengan terbukanya kesempatan kerja.

Menurutnya, kondisi itu jika dibiarkan akan terus menciptakan tingkat pengangguran yang sangat signifikan.
Tren inflasi tinggi ini ternyata dialami oleh banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi bulan September melonjak 1,17% secara bulanan.

Sementara itu, inflasi tahunannya mencapai 5,95% (year-on-year/yoy). Inflasi bulan September ini merupakan yang tertinggi sejak Desember 2014.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim inflasi Indonesia yang relatif terjaga di 5,9% menjadikan Tanah Air termasuk 5 negara dengan inflasi terendah di dunia.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat di atas 5% dan berada di peringkat 2 diantara negara-negara anggota G20,” papar Airlangga, Dikutip dari CNBC Rabu (12/10/2022).

Terkait dengan ketahanan pangan, dia menuturkan pemerintah juga terus melakukan upaya untuk meningkatkan produksi dan juga diversifikasi pangan melalui pengembangan food estate untuk jangka menengah.

“Indonesia saat ini surplus pupuk. Kita juga ekspor sekitar 2 juta ton urea setiap tahun. Kondisi untuk beras relatif lebih aman. Kita memproduksi beras 1 tahun 31 juta Ton dan kita sudah swasembada. Untuk gandum kita tergantung import” ungkap Airlangga

Ekonomi RI Bisa Tumbuh 5,2% di Kuartal III.
Kelompok Ekonomi menengah diharapkan dapat menjadi perhatian pemerintah karena mereka belum mendapatkan bantuan pemerintah disaat krisis global. Biaya pajak diharapkan dapat dikurangi untuk kelas menengah dan diharapkan dapat bantuan usaha dengan bunga yang kecil.
纵然风雨交加,人生灰暗,也要冷静,不要慌张,因为只要靠着求神引导帮助,没有什么是做不到的。
Zòngrán fēngyǔ jiāojiā, rénshēng huī’àn, yě yào lěngjìng, bùyào huāngzhāng, yīnwèi zhǐyào kàozhe qiú shén yǐndǎo bāngzhù, méiyǒu shé me shì zuò bù dào de. Artinya Meskipun ada badai, dan kehidupan yang gelap, tenang jangan panik karena Tiada yang mustahil dapat kita kerjakan selama kita mengandalkan meminta pimpinan dan pertolongan Tuhan ada hasil yang besar