Parlementaria

Sari Sundari : Musim Hujan, Waspadai Demam Berdarah

Bandung.Swara Jabbar Com.-Curah hujan dengan intensitas tinggi belakangan ini harus diwaspadai oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Bukan hanya siaga terhadap potensi bencana alam, tetapi juga ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

DBD adalah penyakit yang cenderung meningkat selama musim hujan. Sebab, pada musim hujan ada banyak bermunculan genangan air tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue

Pesan itu disampaikan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKS Sari Sundari, Menurutnya, musim hujan merupakan fase berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk, sehingga kebersihan lingkungan perlu lebih diperhatikan oleh masyarakat.

“Kita ingatkan juga bahwa kita jangan abai terhadap potensi penyakit-penyakit rutin yang bisa menimpa masyarakat di musim-musim tertentu, seperti saat ini sudah memasuki awal penghujan yakni adanya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ucap Sari.
Sari Sundari berharap, masyarakat bisa saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Seperti bagaimana membersihkan lingkungan, membersihkan selokan, ban bekas, sampah, ataupun apapun yang bisa membuat sarang nyamuk Aedes Aegypti, ”ujarnya.

“Terkait adanya pergantian musim ini, fokus kita adalah penyakit DBD yang biasanya melonjak di musim hujan.

Kondisi iklim, lingkungan yang tidak bersih, pemukiman perkotaan yang tidak terencana, dan urbanisasi yang cepat dapat menyebabkan peningkatan perkembangbiakan nyamuk, terutama di daerah perkotaan dan semi perkotaan.

Ia pun meminta warga masyarakat untuk selalu menerapkan 3 M Plus, yakni menguras dan menyikat tempat penampungan air, mengubur/menutup rapat tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi maupun drum, serta mendaur ulang alias memanfaatkan barang bekas yang bernilai ekonomis. Terakhir, mencegah gigitan dan perkembangan nyamuk. (AP)