HARI SUMPAH PEMUDA PULUHAN PEMUDA IKRARKAN SUMPAH SETIA NKRI

Kediri.Swara Jabbar Com.-

Tasyakuran Hari Sumpah Pemuda Ke-94 puluhan pemuda dan tokoh lintas agama menggelar upacara dan pembacaan ikrar Sumpah Setia NKRI di rumah masa kecil Presiden Soekarno Ds. Pojok Kec. Wates Kabupaten Kediri. Jum’at 28 Oktober 2022.

Isi dari Sumpah Setia NKRI adalah satu janji setia pada NKRI, dua berjanji menjaga pemilu damai 2024 jauh dari saling benci. Ketiga berjanji tidak akan menerima atau terlibat money politik demi kebaikan bangsa dan negara.

Pembacaan Sumpah setia NKRI dibacakan oleh seorang pemuda dipenghujung upacara, usai ditawarkan oleh inspektur upacara dan di setujui oleh peserta upacara.

“Sumpah Setia NKRI perlu kita lakukan mengingat tahun 2023 -2024 bisa dikatakan tahun politik yang rawan konflik. Tahun fitnah, tahun framing, tahun hoax, tahun disinformasi, tahun pembunuhan karakter, tahun perpecahan atas kelompok satu dengan kelompok lain, tahun agama menjadi senjata penghakiman, tahun saling hina atas perbedaan suku dan ras serta perbedaan status ekonomi,” aku Lukito Sudiarto. pemimpin upacara.

Untuk itulah tambah Lukito, ancaman ini harus benar-benar kita antisipasi. Istilahnya harus sedia payung sebelum hujan.

“Penangkalnya itu bukan dari luar, bukan berupa aturan, bukan penjagaan yang super ketat. Penangkal yang hebat adalah spirit Sumpah Pemuda. Kesadaran saudara satu bangsa, satu tanah air dan satu NKRI. Ini obat mujarab antisipasi tahun politik 2023 – 2024 yang rawan ini,” papar Juwaini si pembaca Ikrar Sumpah Setia NKRI.

“Betul, jika kesadaran berbangsa dan cinta NKRI ini sudah benar-benar tertanam dalam jiwa, kami yakin meskipun ada berita hoax, fitnah, adu domba, politik identitas, politik uang, semua tidak akan berarti, inilah hebatnya sebuah kesadaran dan cinta,” aku Erni Sutrisno Ketua organisasi JKPHS Kab. Kediri.

Sementara inspektur upacara Kushartono dalam pidatonya mengatakan, sebagai generasi muda setia pada bangsa dan NKRI adalah wajib. Menghargai perbedaan, tidak saling membenci adalah pengamalan dari Bhinneka Tunggal Ika. Sementara stop politik uang adalah bagian pengamalan dari Pancasila.

“Jadi Ketuhanan Yang Maha Esa ini harus kita pegang teguh. Ketuhanan Yang Maha Esa jangan keuangan yang maha kuasa,” tegas Kushartono Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno.

Kus meyakini, stop politik uang ini pasti mengembirakan para calon-calon pemimpin ataupun calon wakil rakyat.

“Otomatis kan mereka tidak perlu keluar modal atau duit banyak. Dengan tidak keluar biaya banyak pasti mereka cenderung amanah sebab tidak ada pikiran harus balik modal. Jadi kalau masih terjadi polotik uang ini salah kita bareng-bareng, yang milih keliru yang minta dipilih juga salah. Mari kita bertaubat kita berusaha akhiri kebiasaan politik uang ini,” ujarnya.

Beragam komunitas dan organisasi, tua, muda, anak-anak hingga dewasa mengikuti tasyakuran dan upacara Hari Sumpah Pemuda dengan hikmat. Rangkaian acara dari pengelaran tari, santunan anak yatim, pengibaran bendera sang merah putih, selamatan, sarasehan kebangsaan digelar bersama-sama.

Berikut ini isi Sumpah NKRI. Kami warga Negara Republik Indonesia yakin dan percaya Indonesia akan menjadi mercusuar dunia, Indonesia Emas, Indonesia Raya mulai abad ini.

Maka kami sebagai warga Negara Republik Indonesia bersumpah kepada diri kami sendiri dan kepada ibu pertiwi.

1. Siap setia kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia kapan saja, dimana saja, dalam keadaan apa saja dan apapun resikonya.
2. Siap menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Tidak akan menghina, memaki, membenci, kepada saudara kami yang berbeda pilihan, pandangan, dukungan dalam pemilu 2024
6. Siap menjunjung tinggi Pancasila Dasar Negara. Berjanji tidak akan menerima/terlibat potilik uang dalam pemilu 2024 karena hal ini merugikan kita semua.

Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Berkat, Maha Rahmat Memberkat dan Merahmati sumpah setia NKRI ini.

Indonesia Raya, 28 Oktober 2022.


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.