Regional

Pembenahan Kembali Wisata Religi Gunung Padang Ciwidey Kabupaten Bandung

Kab Bdg.Swara Jabbar Com.-Destinasi wisata dan tempat ziarah Gunung padang kini telah melakukan pembenahan di beberapa tempat di arealnya. Tujuan utama dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung di tempat wisata dan tempat ziarah tersebut. Rupanya Gunung Padang Ciwidey Kabupaten Bandung hendak bangkit kembali sebagai mana Minggu kemarin ada berita tidak sedap pembuangan Sampah . Pembenahan dimaksud meliputi pelebaran jalan tempat berswa foto , serta tempat-tempat yang menarik lainnya. Perubahan tempat wisata ini dilakukan dimulai 29 Oktober 2022 hingga dianggap rampung.

Objek wisata dan ziarah gunung Padang ciwidey ini sering dijadikan tempat berlibur pilihan karena dinilai cukup menarik untuk dijadikan momen penting keluarga atau kalangan lembaga pendidikan. Biasanya kalangan lembaga pendidikan mengajak para siswa yang ada di kabupaaten Bandung menikmati masa libur semester akhir dengan memilih tempat wisata gunung padang sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Parawisata yang paling ramai datang berkunjung di saat menjelang Tahun Baru Islam (hijriah) bulan maulid dan di musim liburan anak sekolah. Waktu itu banyak para wisatawan, khususnya wisatawan luar kota dan lokal sekitar Bandung.

Tempat wisata gunung padang ini banyak memiliki keunggulan di antaranya sangat indah dan bukit-bukit yang ada di sekitarnya masih sangat asri. Di sekitar gunung padang terdapat Batu Batu indah yang dijadikan simbol sebagai situs cagar budaya Hal ini tentunya menjadi simbol kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Rawabogo kecamatan Ciwidey kabupaten Bandung. Selain itu, pemandangan puncak Gunung Padang begitu mempesona . Wakil Adm Trisna Mulyana Shut.(Agus) tempat wisata ini dengan harapan adanya perubahan perubahan dan dibenahi yang dilakukan oleh kepala pengelola gunung Padang Cecep. mulai direnovasi tempat spot selfi wisata dan “cara-cara” yang lebih efisien untuk menyambut kedatangan para peziarah dan para wisatawan di Gunung Padang.

Asper Timur Diden Somantri Shut Mengatakan, nanti kalau beres dibenahi dilihat oleh para wisatawan para penziarah, khususnya wisatawan luar kota dan wisatawan lokal setelah tahu tempat tersebut rupanya sudah bagus lagi terutama dalam sisi kebersihannya. Tidak ada lagi banyak sampah berserakan di areal wisata dan tempat ziarah , baik sampah plastik dan sampah yang lainnya.beliau juga menghimbau untuk di adakan papan atau semacam spanduk dengan tulisan (di larang buang sampah sembarangan) ujar nya. Pemandangan dilokasi gunung Padang akan menyenangkan, sekarang insya Alloh berbenah dan di tata lebih baik toilet yang baru . Oleh karena itu, banyak para pengunjung yang ingin ke toilet yang aman dan disediakan tempat sampah yang Cukup.

Kang deden panggilan akrabnya, generasi penerus dari bah tarma sebagai juru kunci gunung padang berpendapat alangkah baik nya bagi pezarah dan juru kunci dari luar untuk mendatangi juru kunci yang sudah di tunjuk oleh pemerintah atau yang sudah mempunyai PAKEM, demi menjaga kejadian yang tidak di harapkan tutur nya.
hasil dari musyawarah mencapai kata mupakat dalam rangka memusnahkan sampah tersebut di atas ada dua persi pertama dengan cara di bakar di tempat terbuka, persi kedua dengan membuat lubang dan menimbunnya, ujar abah eep yang mewakili para juru kunci dan di sepakati oleh semua pihak yang menghadiri acara tersebut

(Sam Sodikin Rukmana)