Ekonomi

The Fed Barometer Ekonomi Dunia

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

暴风雨时做一只高飞的鹰
Bàofēngyǔ shí zuò yī zhǐ gāo fēi de yīng artinya Jadilah Rajawali terbang tinggi Disaat ada angin badai
Apapun yang diputuskan oleh The Fed membawa dampak bagi perekonomian di banyak negara.
Fed Fund Rate yang diprakirakan lebih tinggi dengan siklus yang lebih panjang mendorong semakin kuatnya mata uang dolar AS sehingga menyebabkan depresiasi terhadap nilai tukar di berbagai negara, termasuk Indonesia.
Dampak kenaikan suku bunga The Fed di Asia
Kenaikan suku bunga menyusutkan likuiditas global, yang dapat memperlambat pemulihan di kawasan Asia dalam beberapa cara. Untuk bisnis, kredit yang lebih ketat menghasilkan biaya pinjaman yang lebih tinggi, mengurangi profitabilitas, dan insentif investasi.
Dilansir Bloomberg pada Kamis 3 November 2022, rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang berlangsung 1-2 November 2022 waktu AS memutuskan kenaikan kisaran suku bunga acuan Fed Fund Rate 75 basis poin menjadi 3,75 – 4 persen.
Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve atau The Fed kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin hari ini.

Dilansir Bloomberg pada Kamis 3 November 2022, rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang berlangsung 1-2 November 2022 waktu AS memutuskan kenaikan kisaran suku bunga acuan Fed Fund Rate 75 basis poin menjadi 3,75 – 4 persen.

Dengan keputusan ini, The Fed telah menaikkan suku bunga acuan 75 basis pada pertemuan keempat berturut-turut. Ini juga merupakan level suku bunga tertinggi sejak tahun 2008.

Keputusan suku bunga ini sejalan dengan ekspektasi banyak pihak. Ekonom Anna Wong, Andrew Husby dan Eliza Winger sebelumnye memperkirakan The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan tarif sebesar 75 basis poin untuk pertemuan keempat kali berturut-turut.
Ini menandai kenaikan suku bunga keenam berturut-turut dan kenaikan 0,75% keempat berturut-turut, mendorong biaya pinjaman ke level tertinggi baru sejak 2008. Keputusan itu sejalan dengan ekspektasi pasar.

Adapun, agresifnya The Fed dalam menaikkan suku bunga bertujuan untuk mengendalikan inflasi ke target 2%, yang hingga September 2022 tetap tinggi sebesar 8,2% secara tahunan atau masih berada di kisaran level tertinggi dalam 40 tahun.
Kenaikan suku bunga the Fed kemaren mengakibatkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,52 persen ke posisi 7.015,69 pada sesi perdagangan Rabu (2/11/2022) kemarin. Sektor industri menjadi pemberat pergerakan indeks saham kemarin, dengan sebesar 1,39 persen.
Mengutip CNBC, harga minyak mentah Brent ditutup naik 1,6 persen, menjadi 96,16 dollar AS per barrel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS menguat 1,8 persen, menjadi 90 dollar AS per barrel.

Kenaikan harga minyak mentah dunia terjadi usai Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga untuk keempat kalinya tahun ini. Pasar minyak sebelumnya didukung oleh penurunan persediaan minyak AS karena kilang mulai memproduksi lebih banyak menjelang musim pemanasan musim dingin
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,52 persen ke posisi 7.015,69 pada sesi perdagangan Rabu (2/11/2022) kemarin. Sektor industri menjadi pemberat pergerakan indeks saham kemarin, dengan sebesar 1,39 persen.
Dikutip dari Kompas com 3 nopember 2022 – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,52 persen ke posisi 7.015,69 pada sesi perdagangan Rabu (2/11/2022) kemarin. Sektor industri menjadi pemberat pergerakan indeks saham kemarin, dengan sebesar 1,39 persen.

Pelemahan tersebut mengekor bursa saham Amerika Serikat (AS) dan sejumlah bursa regional Asia. Investor dinilai cenderung lebih konservatif jelang penetapan suku bunga acuan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed).

Lantas, bagaimana dengan proyeksi pergerakan IHSG pada Kamis (3/11/2022) hari ini setelah The Fed resmi kembali mengkerek suku bunga acuannya sebesar 75 basis points, ke level tertinggi sejak Januari 2008?

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher memproyeksi, IHSG akan kembali terkoreksi hari ini Kamis 3 November 2022 Indeks saham nasional diprediksi bergerak pada rentang support-resistance 6.969-7.067 dan secara lebih luas 6.923-7.119.
Sri Mulyani mengungkapkan, kenaikan Fed Fund Rate membuat nilai tukar dolar AS menguat dan terjadi depresiasi pada nilai tukar di berbagai negara. Dari sisi domestik, konsumsi swasta masih kuat meski di tengah kenaikan inflasi. Lalu investasi non bangunan yang meningkat dan kinerja ekspor yang masih terjaga.

“Pada Oktober 2022 PMI Indonesia masih masuk di dalam zona ekspansif 51,8. Sedikit turun dari September 53,7. Sementara itu pada September 2022 indeks penjualan riil IPR masuk 55,5% yoy,” jelas dia.
Sri Mulyani menambahkan Fed Fund Rate yang diprakirakan lebih tinggi dengan siklus yang lebih panjang mendorong semakin kuatnya mata uang dolar AS sehingga menyebabkan depresiasi terhadap nilai tukar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dari data Reuters, nilai dolar AS tercatat Rp 15.664 atau menguat 0,12%. Pergerakan dolar AS dalam satu hari pada level Rp 15.650-15.685.

Posisi cadangan devisa akhir September 2022 masih tetap kuat, tercatat pada level yang masih tinggi yaitu US$ 130,8 miliar, setara dengan pembiayaan 5,9 bulan impor.
The Fed alias The Federal Reserve System adalah bank sentral Amerika Serikat. Meski begitu, gerak-gerik The Fed juga punya pengaruh besar untuk masyarakat dan berbagai negara di dunia.
The Fed amat kuat dan perkasa. Setiap kebijakannya, baik atau buruk, bakal mempengaruhi kondisi keuangan global. Wajar jika kebijakan The Fed kerap menjadi sentimen tersendiri bagi pasar saham, obligasi, dan cryptocurrency. Lantas, kenapa hal itu bisa terjadi? Mari mengenal The Fed lebih dalam.

Apa Itu The Fed?
The Fed adalah bank sentral yang dimiliki oleh Amerika Serikat. The Fed didirikan oleh Federal Reserve Act yang ditandatangani oleh Presiden AS saat itu, Woodrow Wilson, pada 23 Desember 1913 dalam Kongres AS.

Pendirian The Fed sebagai tanggapan atas kepanikan keuangan AS, khususnya pada 1907. Sebelum itu, AS adalah satu-satunya kekuatan keuangan utama yang tidak punya bank sentral. Pada akhirnya hadir The Fed dengan keinginan mengontrol pusat sistem moneter untuk meringankan krisis keuangan.

The Fed disebut sangat independen karena kebijakan yang dibuat tidak harus memperoleh izin maupun persetujuan dari Presiden AS. Meski begitu, kinerja The Fed bakal dievaluasi secara berkala dalam sebuah kongres.

Orang-orang yang menjalankan The Fed disebut dengan Board of Governors alias Dewan Gubernur. Mereka bermarkas di New York, AS. Dewan Gubernur hanya terdiri dari 7 orang, tapi masa jabatan yang diemban adalah selama 14 tahun.

Struktur Entitas Utama The Fed
The Fed punya tugas menjaga gerbang ekonomi AS dan itu sangat kompleks. Meski begitu, The Fed punya tiga entitas utama yang mampu menopang pelaksanaan tugasnya. Berikut penjelasan lengkap entitas utama The Fed:

1. Dewan Gubernur

Dewan Gubernur adalah entitas atau kunci utama dengan jabatan paling tinggi di The Fed. Entitas ini berbentuk lembaga pemerintah pusat yang sifatnya independen. Presiden AS berwenang menunjuk 7 anggota Dewan, termasuk posisi ketua dan wakilnya, yang akan dikonfirmasi oleh Senat AS.

Masa hanya diisi 7 orang, masa jabatan anggota Dewan Gubernur mencapai 14 tahun. Jika masa jabatan telah berakhir, mereka tidak bisa ditunjuk kembali. Hanya ketua dan wakil ketua Dewan Gubernur yang punya masa jabatan pendek, yakni 4 tahun saja. Namun, keduanya bisa diangkat kembali untuk posisi serupa apabila masa jabatan telah berakhir.

Dewan Gubernur The Fed bertugas mengawasi 12 Bank Federal Reserve dan menetapkan kebijakan moneter nasional. Entitas ini juga menjalankan tugas mengawasi dan mengatur sistem perbankan AS secara umum. Dewan Gubernur The Fed juga diharuskan membuat laporan tahunan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS.

2. 12 Bank Federal Reserve

12 Bank Federal Reserve merupakan bank cadangan milik The Fed yang bergerak secara independen namun tetap diawasi Dewan Gubernur. Bank ini tersebar di berbagai wilayah AS dan dinamai sesuai lokasi kantor pusatnya, seperti New York, Dallas, Atlanta, dan beberapa wilayah lain.

Bank ini didirikan secara terpisah dan memiliki dewan direksi sendiri yang terdiri dari 9 anggota utama. Tugasnya adalah memberikan layanan keuangan utama, memastikan likuiditas pada sistem finansial, dan mengawasi dan memeriksa setiap bank anggota untuk memastikan penegakan hukum.

Presiden Bank Federal Reserve diharapkan bisa memberikan kontribusi positif dengsn bertugas di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Nantinya Presiden Bank Federal Reserve New York dan Presiden dari empat Bank Federal Reserve regional lainnya akan berpartisipasi dalam FOMC secara bergilir
. Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC)

Terakhir, ada Komite Pasar Terbuka Federal atau Federal Open Market Committee (FOMC). FOMC terdiri dari 12 anggota, 7 merupakan Dewan Gubernur dan 5 sisanya adalah Presiden Bank Federal Reserve.

Sejatinya, semua Presiden Bank Federal Reserve berkontribusi pada diskusi dan penilaian komite terhadap ekonomi serta opsi kebijakan, tetapi hanya 5 presiden yang kemudian menjadi anggota FOMC dan memberikan suara pada keputusan kebijakan. Tugas utama FOMC adalah membuat kebijakan dan keputusan penting tentang suku bunga dan kebijakan moneter lainnya.

FOMC menentukan organisasi internalnya sendiri. Menurut tradisi, ketua dewan gubernur akan menjadi ketuanya dan presiden Bank Federal Reserve New York sebagai wakil ketua. Pertemuan formal biasanya diadakan delapan kali setiap tahun di Washington DC.

Tugas dan Fungsi Utama The Fed
Mengutip dari situs resmi The Fed, tugas dan fungsi utama bank sentral AS ini ada lima. Berikut rincian tugas dan fungsi utama The Fed yang perlu Anda ketahui:

Melaksanakan kebijakan moneter negara untuk mempromosikan lapangan kerja agar tenaga kerja terserap maksimal, menstabilkan harga, dan tingkat bunga jangka panjang yang moderat dalam ekonomi AS
Menjaga stabilitas sistem keuangan, serta melakukan upaya meminimalisir risiko melalui pemantauan dan keterlibatan aktif di dalam dan luar negeri
Menjaga keamanan dan kesehatan lembaga keuangan individu dan memantau dampaknya terhadap sistem keuangan secara keseluruhan
Mendorong keamanan dan efisiensi sistem pembayaran dan penyelesaian melalui layanan kepada industri perbankan dan pemerintah AS yang memfasilitasi transaksi dan pembayaran dolar AS
Menjamin perlindungan konsumen melalui pengawasan yang berfokus pada konsumen dan masyarakat, meneliti dan menganalisis masalah dan tren konsumen yang muncul, melaksanakan kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat, serta administrasi peraturan dan undang-undang terkait konsumen
Itulah ulasan tentang The Fed
Disaat krisis harus jadi batu karang seperti pepatah
坚立在海中的磐石,能抵挡海浪和风暴,不被海浪冲走
Jiān lì zài hǎizhōng de pánshí, néng dǐdǎng hǎilàng hé fēngbào, bù bèi hǎilàng chōng zǒu artinya batu karang yang teguh berdiri di tengah lautan dapat bertahan melawan ombak dan badai dan tidak terbawa ombak.
Kita juga harus tiap hari melatih dan mengasah kemampuan, meningkatkan kemampuan seperti pepatah 所以只要我们活着,我们就一直在竞争,那些静止不动的人,不尝试不奋斗,我们就落入了万有引力定律。吸下来。
Suǒyǐ zhǐyào wǒmen huózhe, wǒmen jiù yīzhí zài jìngzhēng, nàxiē jìngzhǐ bù dòng de rén, bù chángshì bù fèndòu, wǒmen jiù luò rùle wànyǒuyǐnlì dìnglǜ. Xī xiàlái. Artinya Jadi selama Kita hidup selalu terus ber kompetisi .siapa yg diam tidak bergerak, tidak berusaha dan tidak berjuang, Kita terjerumus oleh hukum grafitasi. Kesedot kebawah.