Pemerintahan

Petugas Gencar Vaksinasi, Atasi PMK

Sumedang.Swara Jbabar com.-Babinsa Koramil 1007/Conggeang Kodim 0610/Sumedang melaksanakan pemantauan peternakan sapi di wilayah binaan, Kamis (3/11).

Hal itu untuk mencegah merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, khususnya di Kecamatan Conggeang.

ADVERTISEMENT

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Narimbang Serka Surono bersama Tim dari UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Conggeang.

Serka Surono melaksanakan pendampingan kegiatan vaksinasi PMK dan penandaan hewan ternak sapi milik warga di Kelompok Ternak Bagja Wangi Dusun Gunung Anyar Desa Narimbang Kecamatan Conggeang dengan Ketua Kelompok Sani.

Menurut Serka Surono, vaksinasi hewan dilakukan kepada 15 ekor sapi oleh petugas vaksin didampingi Babinsa dan aparat desa.

Sementara itu, di tempat terpisah Danramil 1007/Conggeang Kapten Inf Lilo Witjaksono mengatakan, di wilayah Kecamatan Conggeang banyak masyarakat yang memelihara sapi sebagai pendapatan keluarga.

“Karena adanya wabah PMK tersebut, kami bersama tim akan terus melakukan pemantauan dan pendataan,” ujarnya.

Dikatakan, selain pentingnya koordinasi dengan pemilik ternak sapi maupun dinas terkait, terutama dari DPP, petugas penyuluh peternakan melibatkan Babinsa dalam memantau di desa binaan masing-masing.

“Kami juga mengimbau apabila ditemukan kasus PMK agar segera cepat melapor supaya cepat pula ditangani,” pungkas Danramil (*)