TNI

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 115 TA. 2022 di Wilayah Kodam III/Slw Serentak Resmi Ditutup

Kab. Bogor.Swara Jabbar Com.-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 115 TA. 2022 di wilayah Kodam III/Slw yang dilaksanakan di Kodim 0621/Kab. Bogor Korem 061/SK Bogor, Kodim 0612/Tasikmalaya Korem 062/TN Garut, Kodim 0605/Subang Korem 063/SGJ dan Kodim 0602/Serang Korem 064/MY Serang Banten, hari ini Rabu (09/11/2022) secara resmi serentak ditutup.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Kantor Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar.

Dikatakannya, TMMD di keempat Kodim tersebut masing-masing melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik. Sasaran fisik utama berupa perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan dan sasaran tambahan berupa pembangunan ataupun perbaikan sarana fasilitas umum, sarana ibadah, rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Sementara sasaran non fisik pada umumnya berupa penyuluhan Wasbang, Bela Negara, sosialisasi pertanian, hukum, Kamtibmas, pelayanan kesehatan, Pos Yandu, PKK dan yang lainnya.

Progres capaian pekerjaan baik sasaran fisik maupun non fisik pada TMMD ke – 115 TA 2022 di wilayah Kodam III/Slw yang meliputi Provinsi Jawa Barat dan Banten, secara umum mencapai target 100 persen.

Upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0621/Kab. Bogor Korem 061/SK Bogor dilaksanakan di Lapangan SDN 1 Desa Rabak Kec. Rumpin Kabupaten Bogor dipimpin Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko, S. Sos.

Upacara penutupan TMMD ditandai dengan penandatanganan naskah Berita Acara hasil program TMMD, penanggalan tanda peserta dan pernyataan penutupan.

Dalam amanatnya Pangdam III/Slw yang dibacakan oleh Kasdam III/Slw diantaranya menyampaikan bahwa, TMMD adalah kegiatan lintas sektoral untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat khususnya di daerah terpencil yang sulit terjangkau oleh moda transportasi, sehingga TNI hadir dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat.

TMMD merupakan upaya untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, untuk mendukung terwujudnya ketahanan wilayah dan sistem ketahanan semesta. TMMD juga menjadi motivasi dalam menumbuhkan semangat gotong royong, serta pemberdayaan masyarakat agar berpartisipasi aktif dan peduli terhadap pembangunan di desa.

Pangdam pun mengucapkan terima kasih atas peran serta berbagai pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan TMMD ke-115 ini dan menghimbau kepada warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga infrastruktur yang telah dibangun melalui program TMMD. Kemudian Pangdam berpesan kepada seluruh tim Satgas TMMD yang telah menjalankan tugasnya, agar tetap menjaga silaturahmi dengan warga masyarakat, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Kapendam menambahkan, upacara penutupan di wilayah Kodim 0612/Tasikmalaya dilaksanakan di Desa Cikadongdong Kec. Bojongasih, Kab. Tasikmalaya dipimpin Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna. Untuk upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0605/Subang dilaksanakan di Desa Jalupang Kec. Kalijati Kab. Subang dipimpin Irdam III/Slw Brigjen TNI Dadang Arif Abdurahman.

Sementara upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0602/Serang dilaksanakan di Desa Telaga Luhur, Kec. Waringinkurung, Kab. Serang dipimpin Kapok Sahli Pangdam III/Slw Brigjen TNI Kuat Budiman. (Pendam III/Siliwangi).