Siapkan Pakan, Untuk Atasi PMK

Karawang.Swara Jabbar Com.-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, mengingatkan agar para peternak agar mempersiapkan cadangan pakan untuk mengatasi ketersediaan pakan menghadapi musim kemarau.

“Di Karawang ini pada saat tertentu seperti pada musim kemarau, (biasanya) terjadi kelangkaan pakan,” kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, Handoko, di Karawang,

Ia menyampaikan ketersediaan pakan ternak pada musim kemarau ini harus diselamatkan. Karena itu pihaknya melakukan sosialisasi budi daya pembuatan pakan hijauan hewan ternak kepada para peternak.

Ia berharap ke depannya para peternak tidak lagi membeli pakan dari luar, karena untuk memenuhi kebutuhan pakan bisa dilakukan sendiri.

“Jadi nanti di setiap kecamatan mempunyai kebun-kebun tempat pembibitan untuk pakan hijauan ternak. Ada odot, pakchong, dan lainnya yang bisa kita kembangkan. Jadi tidak ada lagi peternak kita di musim tertentu kehabisan pakan,” katanya.

Menurut dia, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang akan terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para peternak. Hal itu dilakukan melalui sosialisasi budi daya pembuatan pakan hijauan hewan ternak.

Diharapkan dengan sosialisasi itu akan memberikan sejumlah manfaat, khususnya pengetahuan yang akan diterapkan mengenai pakan dan sektor peternakan. (*)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.