Pemerintahan

Ada 8 Daerah di Jabar Sukses Atasi PMK.

Bandung.Swara Jabbar.Com.-Delapan daerah di Jawa Barat dipastikan terus berusaha memutus mata rantai penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Bahkan, delapan daerah ini dinyatakan zero kasus PMK. Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) provinsi Jawa Barat, drh. Indriantari, menjelaskan, dari 27 kabupaten/ kota di Jabar, delapan daerah ini sudah tidak ditemukan lagi kasus PMK.

Delapan daerah itu di antaranya Kabupaten Bandung Barat, Bogor, Majalengka dan Kabupaten Pangandaran serta kota Bandung, Bogor, Bekasi dan kota Cirebon. Menurutnya, per 27 September 2022, di Jabar masih tercatat 4.048 kasus PMK pada hewan ternak tersebar di 19 kabupaten/ kota. “Delapan kabupaten dan kota di Jabar sudah zero kasus (PMK), sedang di daerah lainnya masih ada ternak yang terinfeksi PMK dan dalam pengobatan,” ujarnya.

Sementara ternak yang sudah sembuh dari penyakit PMK tercatat 49.517 ekor atau 78,2% dari 63.312 ekor yang tertular PMK. Terkait program vaksinasi hewan ternak, dikatakannya untuk tahap satu sudah mencapai 100%, sedang tahap dua 95%. Sisanya, hewan yang baru sembuh, sehingga belum dapat divaksin.

“Vaksinasi PMK diberikan kepada hewan peliharaan yang dalam kondisi sehat, sedang yang baru sembuh tidak bisa langsung divaksin,” katanya.(*)