Pemerintahan

Pemkab Garut Dapat Menekan PMK

Garut.Swara Jabbar Com.-Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan berdasarkan hasil peninjauan langsung di lapangan dan laporan dari dinas terkait bahwa wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi, domba, maupun kambing di Kabupaten Garut, Jawa Barat sudah mulai teratasi yang sebagian besar ternak terjangkit PMK sudah sembuh.

“Kita memang terus melakukan upaya-upaya yang komprehensif, yang holistik, semua kita lakukan pencegahan termasuk pengobatan,” kata Helmi Budiman di Garut.

a menyampaikan Pemkab Garut selama ini sudah menerjunkan petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta unsur lainnya untuk memantau perkembangan dan mengatasi wabah PMK.

Upaya yang dilakukan Pemkab Garut itu, kata dia, karena Garut merupakan daerah yang memiliki populasi sapi maupun domba dan kambing cukup banyak.

Tercatat wabah PMK, lanjut dia, telah menjangkit sedikitnya 1.900 ekor ternak, namun dari data itu sebanyak 1.300 ekor sudah dinyatakan sembuh, sisanya 600-an ekor masih pengobatan.

“Jadi yang 600 itu masih proses penyembuhan, jadi memang relatif teratasi alhamdulillah,” kata Helmi. (*)