Cegah PMK, Pemkab Karawang Minta Peternak Periksa Kesehatan Hewan

Karawang.Swara Jabbar Com.-Dinas Pertanian Karawang meminta peternak agar hewan yang didatangkan ke wilayahnya untuk memperketat pemeriksaan kesehatan. Adapun hewan yang tiba di Karawang perlu diperiksakan kembali kesehatannya. Ini sebagai langkah antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK). Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi Chaniago mengatakan hewan yang masuk ke suatu daerah memang disyaratkan untuk dibekali surat kesehatan hewan (SKH) dari daerah asal. “Kita sudah sampaikan juga, tolong hewan-hewan yang masuk dari luar Karawang tolong dicek kembali,” kata Hanafi di Aula Husni Hamid.

Dinas Pertanian Karawang meminta peternak agar hewan yang didatangkan ke wilayahnya untuk memperketat pemeriksaan kesehatan. Adapun hewan yang tiba di Karawang perlu diperiksakan kembali kesehatannya. Ini sebagai langkah antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK). Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi Chaniago mengatakan hewan yang masuk ke suatu daerah memang disyaratkan untuk dibekali surat kesehatan hewan (SKH) dari daerah asal. “Kita sudah sampaikan juga, tolong hewan-hewan yang masuk dari luar Karawang tolong dicek kembali,” kata Hanafi di Aula Husni Hamid.

Adapun untuk hewan yang diternakan di Karawang, dinas pertanian juga telah melakukan antisipasi. Yakni menugaskan seluruh penyuluh untuk mengecek kesehatan semua sapi dan kambing. “Kita juga membuat surat edaran kepada masyarakat juga, kalau ada yang hewannya sakit, segera lapor ke para penyuluh atau UPTD (unit pelaksana teknis dinas) di masing masing kecamatan,” ucap Hanafi. Adapun hingga saat ini, kata Hanafi, belum ditemukan PMK di Karawang. Laporan dari masyarakat juga masih nihil. “Selama ini belum ada. Belum ada laporan dari bawah (masyarakat, penyuluh) yang sakit kuku dan mulut, belum ketemu,” terangnya.(*)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.