Pemerintahan

Pembinaan Kandang Bagi Para Peternak Hewan

Karawang.Swara Jabbar Com.-Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggelar pembinaan kandang bagi para peternak hewan di wilayah Karawang untuk pengembangan sektor peternakan di daerah tersebut.

“Kali ini, kami melakukan pembinaan kandang bagi peternak hewan dengan cara jemput bola, datang langsung ke lapangan,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian setempat Handoko, di Karawang, Jumat.

Ia menyampaikan, pembinaan tersebut dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan konsultasi terkait pemanfaatan lahan yang akan dilakukan oleh kelompok peternak.

“Lahan (di sekitar kandang) jangan kosong, harus diisi penghijauan pakan ternak, lalu jika sudah memiliki lahan pakan ternak ada baiknya dicacah dibuat permentasi, jadi manakala musim kemarau tidak ada yang hijau jadi sudah ada pakan cadangan yang disimpan di tong penyimpanan,” katanya.

Handoko mengimbau agar para peternak di daerahnya segera membentuk kelompok, sehingga anantinya terdaftar di Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (Simluhtan).

Simluhtan merupakan database petani dan penyuluh untuk subsidi pupuk dan perencanaan pembangunan pertanian di pusat atau daerah.

“Peternak dapat membentuk kelompok dengan minimal 10 orang yang terdiri 3 orang pengurus yakni ketua, sekretaris, bendahara dan sisanya sebagai anggota,” katanya. (*)