Pemerintahan

Kejar Target Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi memastikan sebanyak 6.538 hewan ternak di Kabupaten Bekasi sudah menerima vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis pertama. Vaksinasi PMK ini terbanyak disuntikan kepada hewan ternak jenis sapi.

“Untuk sapi potong sebanyak 5.229, sapi perah sebanyak 62, kerbau 54 serta domba dan kambing 1.193,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dwiyan Wahyudiharto dalam keterangannya.

Dwiyan mengungkapkan pihaknya masih mengejar sejumlah hewan ternak yang harus menerima suntikan vaksinasi PMK. Sebab target awal yaitu sebanyak 7.500 hewan ternak menerima vaksinasi PMK ini.

“Kami terus melakukan vaksinasi, mudah-mudahan sampai akhir tahun ini tercapai. Jika tidak selesai akhir tahun ya akan kita lanjut sampai target 7.500 vaksinasi PMK itu selesai,” ucapnya.

Dalam kesempatannya dia juga mengimbau agar para peternak memperhatikan hewan ternak peliharannya. Tak lupa peternak juga diimbau untuk membersihkan kandang dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin demi menghindari penyakit PMK.

“Jadi peternak harus rajin-rajin membersihkan kandang. Alhamdulillah dengan cara seperti itu, hewan ternak mereka sembuh,” ujarnya. (*)