TNI

Transformasi Pendidikan, Secapa AD Cetak Perwira Unggul dan Modern

Bandung.Swara Jabbar Com.-Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman pada Acara Prasetya Perwira Lulusan Diktukpa TNI AD Program Diploma 3 (Ahli Madya) gelombang II TA 2022, berlangsung di Lapangan Wiradhika Secapaad Jl. Hegarmanah No. 152 Kota Bandung Jabar, Jum’at (23/12/2022).

Sebanyak 1.092 orang Perwira Muda lulusan Diktukpa TNI AD Program Diploma 3 (Ahli Madya) gelombang II TA 2022, terdiri dari 1.043 prajurit pria dan 49 prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), dilantik Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Pendidikan Pembentukan Perwira TNI AD TA. 2022.

Upacara Prasetya Perwira berlangsung dengan khidmat ditandai dengan pengambilan Sumpah Perwira oleh Kasad dan penandatanganan naskah berita acara penyumpahan Perwira.

Mengawali amanatnya, Kasad menyampaikan ucapan selamat kepada para perwira atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pendidikan pembentukan Perwira TNI AD dan telah mengikrarkan sumpah Prasetya Perwira.

Kasad juga menyampaikan ucapan selamat kepada lulusan terbaik yang menerima penghargaan Trisakti Wiradhika dan Adhi Wiradhika. Menurut Kasad, prestasi tersebut tentu diraih dengan upaya yang sangat keras dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan kebersamaan.

Lanjut dikatakan Kasad, Upacara Prasetya Perwira merupakan acara puncak dari seluruh proses pendidikan pembentukan perwira TNI AD tahun ini dengan menggunakan program pendidikan berbasis SKS. Sehingga lulusan program studi Diktukpa disetarakan dengan program Diploma D3 atau Ahli Madya. Dengan operasional pendidikan selama 5 bulan, menuntut serdik mengembangkan wawasan dan kreatifitas secara lebih mandiri.

Kasad berharap, para perwira tersebut akan menjadi pemimpin yang tangguh dan bisa diandalkan TNI AD. Oleh karena itu ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di Secapaad agar diimplementasikan di lapangan. Jangan sampai setelah keluar dari pendidikan tidak ada perbaikan terhadap pola pikir, pola sikap dan pola tindak dari sebelumnya, serta selalu ingin dihormati, dilayani, dan diistimewakan.

“Jadilah perwira-perwira berkarakter yang memiliki integritas, mampu berpikir kreatif dan inovatif, berperilaku moral yang baik terhadap anak buah, berani mengambil keputusan, berjiwa petarung dan pemberani serta selalu memegang teguh nilai luhur dan norma kode etik perwira yang ditanamkan dalam pendidikan yaitu Budhi Bhakti Wira Utama,” harap Kasad.

Kasad mengingatkan, tantangan tugas yang akan dihadapi di masa mendatang tidaklah ringan, ini menuntut kemampuan sumber daya manusia perwira yang unggul dan berkualitas. Untuk itu Kasad perintahkan para perwira agar selalu mengasah ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

Setelah upacara, Kasad dan tamu undangan menyaksikan display Drumband kolaborasi dengan 13 peragaan perwira muda dilanjutkan menyapa istri/suami para Perwira Muda.

Turut hadir pada upacara tersebut Koorsahli Kasad, Irjenad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpussenif, Danpusterad, Danpuspomad, Para Asisten Kasad, Kasdam III/Slw, Danseskoad, Gubernur Akmil, Danjen Kopassus, Danpuspenerbad, para Danpussen, para Dir/Ka Balakpus jajaran TNI AD, Kadispenad, Kabiro Pers TNI-Polri Setmilpres, Paban IV/Bindik Spersad, Paban VIII/Binkumtaltibprot Spersad, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dan pejabat utama Secapaad. (Pendam III/Siliwangi).