Regional

Persahabatan Tulus Ikhlas

Cirebon.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

真挚的友谊将历久弥新
Zhēnzhì de yǒuyì jiāng lìjiǔ mí xīn artinya persahabatan tulus ikhlas tanpa pamrih akan kekal abadi

Persahabatan tulus ikhlas Bapak SBY dan keluarga dengan Bapak Sucipto Chandra telah terjalin cukup lama sejak 2004 sebelum Bapak SBY jadi Presiden hingga saat ini persahabatan mereka terjalin akrab.
Presiden RI ke-6, Prof Dr H Soesiso Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Kota Cirebon, Senin (2/1). Kedatangan SBY ke Cirebon dalam rangka perjalanan tim bola voli Lavani dari Pacitan yang bakal tanding Proliga di Bandung.

Sebelum bertolak ke Bandung, SBY dan rombongan mampir ke Himas Coffee & Eatery, Jalan Sisingamangaraja, Kota Cirebon. Rupanya sang pemilik cafe, keluarga Sucipto Chandra adalah sahabat keluarga SBY.

Sekretaris DPD Demokrat Jawa Barat, Handarujati Kalamullah mengatakan, meski disambut pengurus dan kader Demokrat, tidak ada agenda politik dalam kunjungan SBY ke Kota Cirebon. “Nggak ada agenda politik. Hanya saja kami sebagai kader itu kangen dengan Bapak, jadi menyambut,” kata Handaru.

SBY berada di Cirebon cuma semalam. Menginap di Hotel Aston pada Minggu (1/1) malam dan berkunjung ke Himas Coffee & Eatery pada Senin (2/1) siang.  “Beliau hanya transit saja ke Cirebon kemudian langsung ke Bandung bersama Lavani,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Himas Coffee & Eatery, SBY serahkan tiga lukisan karyanya kepada keluarga Sucipto Chandra. SBY mengatakan 3 lukisan diserahkan sebagai tanda persahabatannya dengan keluarga Sucipto Chandra.

Ketiga lukisan yang diserahkan antara lain berjudul  Wonosari Menyimpan Kenangan, Green Canyon dan Keagungan Bromo. Ketiga lukisan itu, diakui SBY punya makna mendalam bersama mendiang Ani Yudhoyono.

Terutama lukisan Keagungan Bromo karena diinspirasi dari karya fotografi mantan istrinya itu saat memotret panorama Gunung Bromo. “Ini adalah hasil foto Bu Ani saat memotret Gunung Bromo,” kata SBY.

SBY mengulas, persahabatannya dengan keluarga Sucipto Chandra sudah terjalin sejak lama dan masih terjalin erat sampai saat ini. “Bahkan ketika Pak Sucipto Chandra menikahkan anaknya saya datang,” jelasnya.

Diketahui, persahabatan SBY dengan keluarga Sucipto Chandra terjalin sebelum dirinya menjabat presiden ke-6. Sucipto Chandra merupakan pengusaha senior Cirebon yang bergerak di bidang kuliner dan material. Bapak Sucipto Chandra terkenal sebagai pengusaha dermawan.

Menurut Chandra, sapaan akrab Sucipto Chandra, SBY merupakan sosok pemimpin yang peduli pada semua kalangan. Pemberian lukisan dari SBY diartikan Sucipto Chandra sebagai pemberian tak ternilai.

“Saya sangat senang sekali. Ini pemberian yang tak ternilai. Kenangan yang terindah. Dan akan saya ingat seumur hidup kami,” pungkasnya.
Ibu Fenti Kurnadi berlinang air mata ketika mendapat hadiah lukisan dari Bapak SBY.
Ibu Fenti Kurnadi selalu teringat Kebaikan hati dan jasa jasa Ibu Ani Yudhoyono