Ragam

Leci

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada pepatah Tiongkok 吃水果健康身体
Chī shuǐguǒ jiànkāng shēntǐ artinya konsumsi buah buahan sehatkan tubuh.

Buah Leci nama Latinnya adalah Leachi Chinensis Sonn tersebut adalah daerah beriklim subtropis,
Berasal dari daratan China Selatan. Leci atau Lici adalah buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong familia lerak-lerakan Sapindaceae.

Pohon lici tumbuh di iklim tropis. Buah ini selain Tumbuh di China Selatan, tanaman ini juga tumbuh di India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko.

Buah ini berbau wangi, asam dan manis yang menyegarkan.
Leci menjadi makanan buah Favorit bagi Penduduk Kanton di China.
Leci adalah buah simbol keberuntungan menurut prinsip feng shui, karena kulitnya berwarna merah. Warna merah melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Menurut budaya Tiongkok Cina kuno, buah leci juga merupakan simbol romansa, Kebahagiaan, kecantikan, dan keberuntungan.
Leci dalam Feng Shui Sebagai Simbol Api..karena warna merah simbol dari Api.
Manfaat Leci:
1. Kandungan Antioksidan jenis Flavonoid pada Leci bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Meningkatkan daya tahan tubuh. Meningkatkan imunitas tubuh.
2. Memelihara Kesehatan Jantung karena buah Leci mengandung Kalium mampu menjaga Fungsi Jantung. Mampu mengurangi peradangan kronis yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.
3. Meningkatkan kepadatan Tulang karena mengandung kalium bermanfaat menjaga kesehatan otot dan saraf.
4. Mencegah Penyakit kanker karena mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara rutin mampu melawan penyebaran dan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.
5. Mengatasi Sembelit karena kandungan serat yang tinggi.
6 Menurunkan berat badan karena kandungan polifenol pada leci mampu meningkatkan metabolisme membuat mengurangi lemak dalam tubuh.
Itulah simbol leci dalam feng shui dan manfaatnya buah leci