Ekonomi

Sejahterakan Rakyat

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

如果你希望得到支持,请发财
Rúguǒ nǐ xīwàng dédào zhīchí, qǐng fācái artinya Sejahterakan Rakyat jika berharap untuk mendapatkan dukungan.
11 Bulan lagi kita akan ada pemilu 2024, saat ini berada dalam tahapan mendaftar data Pemilih untuk Pemilu 2024.
Tetapi kaum elite masih sibuk mencari kawan koalisi dan sibuk untuk mencari capres. Sementara itu rakyat kecil belum mendapatkan perhatian dari kaum elite parpol.

Ada beberapa permasalahan yang seharusnya menjadi perhatkan dari kaum elite parpol diantaranya Berdasarkan Kutipan CNN Indonesia 1 Maret 2023 — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras eceran naik 2,63 persen secara month to month (mtm) atau 10,41 persen secara year on year (yoy) pada Februari 2023.
Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan kenaikan harga beras tidak hanya terjadi di tingkat eceran, melainkan juga di level grosir dan penggilingan.

 

“Harga beras grosir pada Februari 2023 meningkat sebesar 2,94 persen secara mtm dan 14,50 secara yoy,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (1/3). masalah ini harus jadi perhatian utama.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Februari 2023 sebesar 5,47 persen (year on year/yoy). Kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang mengalami inflasi 7,23 persen menjadi penyumbang inflasi terbesar dengan andil 1,87 persen.

 

Lima komoditas yang dominan memberikan andil atau sumbangan inflasi secara tahunan (yoy) yaitu beras sebesar 0,32 persen, rokok kretek filter 0,20 persen, telur ayam ras 0,15 persen. Kemudian ikan segar dan cabai merah masing-masing sebesar 0,11 persen.

 

Sementara, komoditas yang dominan memberikan andil inflasi secara bulanan (mtm) yaitu beras sebesar 0,8 persen, rokok kretek filter 0,04 persen, bawang merah 0,03 persen, cabai merah 0,02 persen. Kemudian rokok putih, bawang putih, dan kentang masing-masing 0,01 persen.Dua masalah ini harus jadi perhatian utama dari para elite parpol