Parlementaria

Hj.Elin Suharliah : Pengelolaan Arsip Sejarah Sangat Penting.

Purwakarta.Swara Jabbar Com.-Anggota Komisi I Fraksi PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purwakarta.Dalam rangka meninjau Pengelolaan Arsip Sejarah di Daerah.Rabu (01/03/2023).
Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat  mitra kerja dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk monitoring Pengelolaan Arsip Sejarah Daerah.
Legislator PDIP Perjuangan Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) Hj.Elin Suharliah menuturkan Arsip dalam konteks ilmu sejarah dikategorikan sebagai sumber primer yaitu sumber yang diperoleh dari orang yang melihat langsung, mendengar langsung atau terlibat langsung. Arsip sebagai sumber primer, setelah dilakukan tahapan kritik, maka derajat kualitas sumber ini adalah sumber yang utama ujarnya.
 
Lebih jauh Hj.Elin Suharliah mengatakan tujuan dari penataan atau pengelolaan arsip antara lain sebagai berikut : Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman, bisa dengan mudah ditemukan kembali arsip yang dibutuhkan tersebut dengan cepat dan tepat, terhidari dari pemborosan tenaga dan waktu dalam kegiatan pencarian arsip yang dibutuhkan ujarnya. (AP)