Pemerintahan

Kota Cimahi Sudah Mulai Gunakan KTP Identitas Kependudukan Digital.

Cimahi.Swara Jabbar Com.- Sebanyak 1.868 warga masyarakat Kota Cimah Jawa Barat, sudah menggunakan Identitas Kependudukan KTP Digital.

Proses peralihan dari KTP elektronik (e-KTP) ke KTP digital akan dilakukan secara bertahap. Penduduk yang akan membuat KTP digital wajib terlebih dulu mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui Google Play Store, Cimahi Senin ( 06/03/2023 ).

Kabid Piak dan Pemanfaatan Data Drs. Heri Herdiana menjelaskan, pemerintah kota Cimahi per tanggal 06 Pebruari 2023, sudah mencapai 1.868 orang yang sudah KTP digital.

“Untuk kedepannya kita akan coba pengaaktipan ktp digital bisa d lakukan di kelurahan,di kelurahan tersebut sudah di instal Siak untuk mengaktifkan KTP Digital.

Tapi pada saat kami mencoba membuka aplikasi yang terkait dengan identitas kependudukan Digital,ternyata ada beberapa kendala, terkait dengan Siak Aidi Digital yang ada di pusat,” imbuhnya.

Ini merupakan yang namanya insidentil yaitu jaringan kepusat nya ada gangguan yang otomatis di kamipun tidak bisa.

Tapi Alhamdulillah saat ini sudah normal kembali, secara jaringan sudah normal, yang kami catat Terahir sudah 1600, se-kota Cimahi.

Untuk KTP Digital ini kami disini bertahap karena situasi dan kondisi karena jaringan yang terkait dengan Siak atau KTP Digital,kerena di pusat juga masih terus di lakukan pengembangan.

Heri menjelaskan terkait keluhan masyarakat tentang apdet nik,yang berkaitan dengan instansi yang lain, seperti bank.

“Terkait dengan apdet data bahwa di apminduk ini ada yang terkait pemanpaatan data, pemanpaatan data ini tentunya lembaga pengguna yang memanfaatkan indentitas kependudukan sebagai salah satu perikasi atau palidasi data, ini merupakan kerjasama antara Disdukcapil dengan pihak Bank, Bank dengan Kemendagri melalui Adminduk nya sudah melakukan kerjasama.

Terkait apdet dan tidak nya saya juga belum tahu,karena pada kenyataannya di pihak Bank belum apdet tapi di kami di Disdukcapil sudah apdet, apakah pihak Bank selalu aktip tiap hari untuk melihat data dari Kemendagri atau tidak,” ucapnya.

Sementara itu Kabid pendaftaran penduduk,Sularno, SSt, MPS.Sp, menyampaikan yang daptar untuk percetakan KTP elektronik sehari mencapai 200 orang, dalam 200 tersebut akan di penuhi tergantung Siak dari Pusat lancar.

” Ketika jaringan kepusat nya tidak lancar rata-rata 150 orang sehari yang bisa kami cetak.

Untuk blangko E KTP Sampai saat ini aman ada,dan persediaan juga aman.

Saat ini kami sedang melakukan percetakan e-KTP elektronik sebanyak 1000 lebih yang tertunda,

Dan kami disini melayani juga ajuan yang baru.

Untuk saat ini teman kami disini tiap hari Sabtu Minggu lembur secara bergantian untuk mengejar target yang 1000 tadi tersebut.

Terkait banyak nya warga di sini, semua menunggu e-KTP elektronik yang kami cetak,.

Sementara ini untuk pengajuan e-KTp elektronik belum bisa di kecamatan, di karena pada bulan November dan Desember tidak ada blangko untuk sementara kami tarik ke kantor Disdukcapil dulu.

Untuk kedepannya kalau blangko sudah normal kami akan kembangkan lagi ke kecamatan masing-masing.

Harapan kami semoga kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kota Cimahi,dan di berikan blangko yang cukup kemudian jaringan nya juga lancar,” pungkasnya.(hms/die)