Politik

2024 Pilih Pemimpin Yang Berani Basmi Korupsi dan Sejahterakan Rakyat

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

民为帝之力,民盛则帝政强。
Mín wèi dì zhī lì, mín shèng zé dìzhèng qiáng. Artinya rakyat adalah kekuatan kaisar, jika rakyat sejahtera maka pemerintahan kaisar akan kuat.

Saat ini kasus transaksi janggal menjadi berita hangat beberapa minggu ini.
Dikutip dari CNN Indonesia tgl 10 Maret 2023 — Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku menemukan transaksi janggal pegawai di beberapa lingkungan kementerian.
“Ya banyak [transaksi janggal di kementerian selain Kementerian Keuangan],” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/3).

Kendati demikian, Ivan tak merinci transaksi janggal itu ditemukan di kementerian apa saja.
Kemudian dikutip dari
CNN Indonesia 10 Maret 2023‐‐ Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengeluhkan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) jarang diusut penegak hukum.

Mahfud yakin jumlah kerugian negara di kasus-kasus pencucian uang jauh lebih besar daripada kasus korupsi.

“Hanya ada satu-dua-tigalah orang yang dihukum karena pencucian uang, padahal itu jauh lebih besar dari korupsi,” ucap Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (10/3).

“Korupsi itu terkait dengan anggaran negara yang dicuri, oleh kementerian keuangan sudah berhasil dikembalikan Rp7,08 triliun. Nah, yang pencucian uangnya yang Rp300-an [triliun] ini akan kita tindak lanjuti,” sambungnya
Untuk hal itu dibutuhkan UU Tindak Pidana Pencucian Keuangan dan UU Miskinkan Koruptor jadi menyita harta para koruptor, supaya menimbulkan efek jera bagi para koruptor.

Untuk pemilu 2024 pilihlah Pemimpin dan Wakil Rakyat yang berani komitmen untuk memberantas korupsi. Pilih Pemimpin dan Wakil Rakyat yang berani Komitmen untuk membuat UU Tindak Pidana Pencucian Uang dan UU Memiskinkan Koruptor, dan menyita harta koruptor. UU KPK juga harus di revisi untuk dapat diberikan wewenang dan Kekuasaan dalam memberantas korupsi dan memperbanyak OTT