Parlementaria

Legislator PKS Siti Muntamah Mendorong Imunisasi Polio

Bandung.Swara Jabbar Com.-Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Polio.Penyakit Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya/lumpuhnya sistem pernapasan.

Karena polio menular, berdampak besar dan panjang bagi kesehatan maka satu kasus harus diwaspadai dan sebagai ancaman. Ancaman polio menjadi besar bila cakupan vaksinasi polio rendah. Hal ini dikatakan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Siti Muntamah.

Legislator PKS Siti Muntamah mengkhawatirkan ditemukannya kasus polio yang ditemukan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dimana terjadi pada anak berusia empat tahun dengan gejala lumpuh.

Menurut Siti Muntamah Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui dinas kesehatan harus segera mengambil tindakan guna mewaspadai kemungkinan potensi penyebaran polio usai temuan satu kasus polio di Kabupaten Purwakarta.

“Kami prihatin terjadinya satu kasus Polio di Kabupaten Purwakarta, kita meminta pihak dinas kesehatan provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Purwakarta untuk segera melakukan tindakan cepat dari adanya virus Polio ini agar tidak menyebar,” ujar Siti Muntamah

Kita ketahui bahwa Virus Polio menyebar melalui fecal-oral, artinya virus berkembang biak di sistem pencernaan, dan dikeluarkan melalui feses (tinja), kemudian menyebar melalui air. Risiko semakin besar jika sanitasi tidak baik seperti perilaku Buang Air Besar Sembarangan.

Gejala awal polio adalah demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan di leher, dan nyeri pada anggota badan.Yang berisiko terkena polio adalah anak usia < 15 tahun, terutama anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Polio bisa dicegah dengan melakukan imunisasi. Imunisasi Polio diberikan sebanyak 4 kali sampai anak usia 4 bulan. Dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di setiap wilayah tanpa terkecuali anak akan terhindar dari virus Polio.

Lengkapi dosis vaksin polio tetes dan suntik sesuai dengan umur anak. Jika anak belum mendapatkan imunisasi lengkap maka dapat berkonsultasi dengan puskesmas setempat.

Vaksin Pollo memberikan kekebalan, apabila anak tertular dapat terlindungi dari kelumpuhan dan kematian akibat virus polio. Tidak ada Obat untuk Polio. Satu satu cara Pencegahan melalui pemberian Imunisasi tandas Siti Muntamah.(AP)