Pemerintahan

Cara Pendaftaran Mudik Gratis Polres Cimahi Tahun Ini

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Mudik menjadi salah satu tradisi yang lekat dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, di Indonesia tak terkecuali di Kota Cimahi. Antusiasme warga Kota Tentara untuk pulang bercengkrama dengan sanak saudara di kampung halaman sangatlah tinggi.

Berkaca pada fenomena tersebut Polres Cimahi mengadakan program mudik gratis bagi warga Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada momen Lebaran 2023 dengan menyiapkan dua unit bus.

Pada program mudik gratis tahun ini, Polres Cimahi telah menyediakan sebanyak 118 kuota.  Nantinya peserta yang sudah mendaftar akan langsung diberangkatkan ke kampung halamannya dari Mapolres Cimahi.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan, tujuan atau rute program mudik gratis pada momen lebaran tahun ini yakni Kota Cimahi-Cirebon dan nantinya akan berakhir di daerah Semarang.

“Tahun ini kami berpartisipasi dalam program mudik gratis untuk warga Cimahi dan KBB. Bagi warga yang berminat bisa mendaftarkan diri ke nomor kontak 0812-2044-6888 atau 0812-8928-5432,” ujar Aldi di Mapolres Cimahi, Senin 03 April 2023.

Ia mengatakan, bagi warga yang berminat mengikuti program mudik gratis ini harus menyertakan syarat seperti fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

“Silakan hubungan nomor kontak yang tersedia, untuk keberangkatannya akan dilaksanakan pada 18 April 2023 dan peserta harus mendaftar ulang sebelum tanggal keberangkatan,” Tambahnya.

Rencananya, kata dia, peserta mudik gratis yang sudah melakukan pendaftaran akan dikumpulkan di Halaman Mapolres Cimahi, lalu mereka akan diberangkatkan pada pukul 09.00 WIB.

Dengan adanya program mudik gratis ini, pihaknya berharap masyarakat Kota Cimahi dan KBB yang hendak mudik, lebih baik memilih transportasi publik ketimbang memaksakan menggunakan kendaraan roda dua.

Hal tersebut untuk mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas dan kemacetan di sepanjang jalur mudik, sehingga pihaknya mengakomodir warga yang ingin menggunakan transportasi publik untuk mudik lebaran tahun ini.

“Kita imbau pemudik jangan pakai motor, apalagi yang perjalanan jauh karena cara ini bisa meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan,” tutupnya. (hms/difa)