Pemerintahan

JQR Gelar Doa Bersama Untuk Saudara di Palestina

Bandung.Swara Jabbar Com.-Jabar Quick Response (JQR) menggelar doa bersama untuk Palestina di GOR Saparua, Kota Bandung. Hal itu merupakan respons atas kejadian serangan yang dilakukan tentara Israel terhadap warga Palestina saat menunaikan ibadah di Masjid Al Aqsa.

Untuk menumbuhkan rasa kepeduliaan terhadap warga Palestina, JQR bersama berbagai komunitas ikut mendoakan. Menurut Abah Aat Soeratin, budayawan Sunda yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kejadian yang menimpa warga Palestina yang sedang beribadah di Masjid Al Aqsa lalu diserang oleh tentara Israel merupakan kejahatan kemanusiaan.

“Sesama muslim ikut mendoakan, mudah-mudahan sodara kita disana diberikan kekuatan dan segera mengakhiri penderitaannya. Saya kira, doa bersama untuk Palestina ini sebagai bentuk rasa simpati sesama manusia,” ungkap Abah Aat.

Abah Aat menjelaskan kegiatan yang digagas JQR ini mencerminkan karakteristik JQR yang mengedepankan masalah soal kemanusiaan. JQR yang merupakan sebuah gagasan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sampai saat ini yang paling konsisten dan mempunyai asas social movement dan semangat kolaborasi untuk memecahkan masalah kemanusiaan di Jawa Barat.

“JQR karakteristiknya adalah menolong. Silih tulungan masyarakat Jawa Barat yang Silih Asah Silih Asuh Silih Asih. JQR dengan konsisten dan menjadi gerakan model masyarakat yang asasnya tolong menolong, kerelawanan dan itu relevansi niscaya merespons masalah kemanusiaan, ” ujar Abah Aat.

Sementara itu, Muhammad Irvan Hilmy selaku Koordinator Operasional JQR mengatakan doa bersama ini sebagai bentuk solidaritas dari Jawa Barat untuk warga Palestina. Hal itu bertujuan untuk menguatkan warga Palestina.

Irvan menambahkan kepedulian Jawa Barat dengan bukti nyata adalah dibangunnya Masjid di Palestina rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Masjid itu diberi nama Syeikh Azlin, kini bisa digunakan untuk salat Tarawih pada Ramadan 1444 H.

“Doa bersama ini sebagai bentuk solidaritas, JQR juga setiap harinya merespons soal kemanusiaan. Masjid yang didesain Gubernur Jawa Barat di Palestina hal itu sebagai bentuk dukungan dari warga Jawa Barat,” pungkasnya.

Irvan berharap di bulan Ramadhan yang suci ini warga Palestina diberikan kekuatan atas kekejaman tentara Israel.**