Regional

Tarling di Eks Kawedanaan Panumbangan: Bupati Ciamis Apresiasi Kinerja Kades dan Jajarannya Serta Salurkan Bantuan Total 6,19 Miliar

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Memasuki bulan suci Ramadhan Ke 20, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta unsur Forkopimda dan seluruh jajaran kembali melaksanakan Tarawih Keliling (Tarling) untuk ke 4 kalinya dalam bulan suci Ramadhan tahun 1444 H.

Kali ini tarawih keliling dilaksanakan di Eks Kawedanaan Panumbangan, bertempat di Masjid Agung Sukamantri Desa Sukamatri Kecamatan Sukamantri pada Senin (10/4/2023).

Selepas pelaksanaan Sholat Tarawih, dalam sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan terimakasih kepada para kepala Desa beserta jajaran yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
Bukan hanya kepada para Kades, Bupati Ciamis juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta memuji kinerja seluruh Perangkat Daerah.

Pujian dan apresiasi tersebut tentu bukan tanpa alasan, pasalnya Bupati menilai kinerja Kades dan jajarannya serta seluruh OPD sangat baik dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat, kendati dengan keterbatasan anggaran, namun dalam kinerjanya tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Bupati menjelaskan, hal tersebut terbukti hingga saat ini Kabupaten Ciamis terus torehkan berbagai macam prestasi baik tingkat regional maupun tingkat nasional.
Saat ini, untuk capaian Desa yang ada di Kabupaten Ciamis, 223 Desa telah berstatus Desa Mandiri adapun sisanya 35 Desa masih berstatus Berkembang dan saat ini melalui Dinas PMD terus dipacu agar semua Desa yang ada di Kab.Ciamis meraih Desa Mandiri.

“Meskipun prestasi bukanlah tujuan yang diharapkan namun itu merupakan bukti kesungguhan kita dalam mengabdi bahkan di tahun 2022 yang lalu Kabupaten Ciamis meraih 278 penghargaan,” ungkapnya.

“Dan itu semua tidak lepas dari kerjasama dan kolaborasi para Kades, OPD yang telah bahu membahu dalam membangun Ciamis,” ujarnya.

Meski begitu, Bupati mengingatkan akan pentingnya peningkatkan kualitas SDM khususnya di pemdes agar tercipta administrasi yang baik sehingga pelayanan terbaik bagi masyarakat dapat terwujud dan peluang terjadinya kesalahan administrasi dapat terhindarkan.

“Hindari ketidak tertiban administrasi, hati-hati karena akan berpotensi dan konsekuensi hukum.” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Herdiat menyalurkan bantuan bagi masyarakat di eks Kewadanan Panumbangan sebesar 6.195.200.000 yang bersumber dari APBD, Baznas serta infaq ASN Kabupaten Ciamis.

Bantuan tersebut diserahkan berupa insentif bagi para guru Madrasah Diniyah, RT, RW dan para Imam Masjid Jami dan Masjid Besar Kecamatan, bantuan Rutilahu dan paket sembako.

“Meskipun saat ini keadaan sedang sulit sebagai dampak dari adanya pandemi, namun pemerintah senantiasa berupaya untuk dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya,” tandasnya.

Pantauan media, dalam kegiatan tarawih keliling, turut mendampingi Bupati Ciamis, hadir Wabup Ciamis Yana D Putra, Dandim 0613/Ciamis Letkok Inf Wahyu Alfian Arisandi, Wakapolres Ciamis Kompol Apri Rahman, Sekda Kab.Ciamis Dr.H Tatang, Para kepala SKPD, Ketua MUI Kab.Ciamis, Kepala Kemenag Ciamis, Unsur Forkopimcam dan para Kades se Eks Kewadanaan Panumbangan. (Zenal)