Parlementaria

Sekretaris DPRD Jawa Barat Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi DKI Jakarta

Bandung.Swara Jabbar Com.-Sekretariat DPRD Jawa Barat menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Bandung, Kamis (13/4/2023).

Kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta diterima langsung oleh Sekretaris DPRD Jawa Barat Dr. Hj Ida Wahida Hidayati, SE.SH.,M.Si dengan Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Jawa Barat, Iman Tohidin, S.Sos,, M.A.P.

Ida Wahida Hidayati menuturkan, kunjungan kerja DPRD Provinsi DKI Jakarta membahas soal kerja kedewanan, termasuk sekretariat. Salah satunya, terkait kerja atau sistem dan mekanisme perencanaan di Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Jawa Barat.

“Pertemuan ini, kunjungan kerja dari DPRD Provinsi DKI Jakarta, khususnya dari Banggar dan Banmus. Sebulan lalu kita berkunjung kesana. Bisa dikatakan ini kunjungan balasan sekaligus studi komparatif soal kerja Banggar, Banmus dan mekanisme perencanaan pembangunan, termasuk sekretariat,” tutur Ida Wahida Hidayati, Bandung, Kamis (13/4/2023).

Sebetulnya, sistem dan mekanisme kerja DPRD Jawa Barat dan DKI Jakarta sama, karena semuanya mengacu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal yang membedakan hanya penyesuaian dengan kondisi daerah masing-masing.

“Dalam pertemuan tadi juga kita mencari kesamaan, agar semua sekretariat DPRD (termasuk terkait kedewanan) seluruh Indonesia sama, tidak ada perbedaan,” kata Ida Wahida Hidayati.

Hal senada pun disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Hj Rany Mauliani. Kunjungan kerja yang dilakukan salah satunya untuk mengkorelasikan kerja Banggar dan Banmus DPRD Provinsi DKI Jakarta dengan DPRD Jawa Barat.

Termasuk dengan Sekretariat DPRD Jawa Barat yang diketahui menjadi contoh yang baik. Terutamanya terkait kinerja dan harmonisasi antara 120 Anggota DPRD Jawa Barat dengan Sekretariat-nya yang dipimpin oleh Ida Wahida Hidayati.

Kemudian harmonisasi antara legislatif (DPRD Jawa Barat) dengan eksekutif (Pemerintah Provinsi Jabar) menjadi contoh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

“Sama seperti yang disampaikan Ibu Ida Wahida Hidayati. Kunjungan kerja yang kita lakukan ini rutin. Kunjungan kerja kali ini membahas terkait (kerja, mekanisme) Banggar, Banmus dan Sekretariat, dan memang sudah akrab (mengetahui) kinerja Ibu Ida Wahida Hidayati yang diketahui berkinerja sangat baik,” kata Rany Mauliani. *

Keterangan Foto:
Sekretaris DPRD Jawa Barat Dr. Hj Ida Wahida Hidayati, SE.SH.,M.Si (kanan) dengan Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Jawa Barat, Iman Tohidin, S.Sos,, M.A.P (kiri) saat menerima kunjungan kerja dari DPRD Provinsi DKI Jakarta, Bandung, Kamis (13/4/2023) (Humas DPRD Jawa Barat).

Keterangan Foto:
Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Hj Rany Mauliani (tengah dari kiri) dan Sekretaris DPRD Jawa Barat Dr. Hj Ida Wahida Hidayati, SE.SH.,M.Si (tengah dari kanan) bersama pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta dan Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Jawa Barat, Iman Tohidin, S.Sos,, M.A.P (paling kanan) (Humas DPRD Jawa Barat).