Parlementaria

Daddy Rohanady Apresiasi Penerbangan Umroh dari BIJB Kertajati

Bandung.Swara Jabbar Com.-Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi Sumedang Dawuhan) memang belum beroperasional secara penuh. Namun aktivitasnya telah membuat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka kembali menggeliat.

Wakil Ketua Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Jabar Daddy Rohanady menyambut baik kabar tersebut. ‘Bangunnya’ aktivitas di airport internasional pertama sudah sangat dinanti-nantikan oleh warga.

“Kemarin-kemarin airport itu sebetulnya sudah aktif, tetapi karena moda transportasi daratnya masih terkendala. Jadi perkembangannya ya begitu-begitu aja, kalau nggak mau disebut vakum,” katanya.

Politisi Partai Gerindra dari Dapil Jabar XII (Cirebon-Indramayu) tahun ini aktivitasnya harus sudah semakin baik, tahun berikutnya harus lebih baik, sebab tahu itu jalan tol sudah aktif 100 persen,” ungkapnya.

Darro, panggilan karib untuk Daddy Rohanady berkata demikian karena dia tahu betul jatuh bangunnya perencanaan hingga beroperasionalnya BIJB Kertajati.

“Membangun bandara ini perjuangan panjang dan pengorbanan tentunya. Kami berharap Kertajati difungsikan. Sebagaimana niat awal dirancangnya bandara itu,” katanya, Jumat 14 April 2023.

“Terlebih, bangunannya sudah megah, luas, dan layak untuk penuhi penerbangan internasional, jadi layak untuk bandara haji dan umroh,” tambahnya.

Pada 15 April 2023, BIJB Kertajati dikabarkan siap melayani penerbangan carter umrah. Kemudian pertengahan tahun ini dijadwalkan pemberangkatan calon jamaah haji.

Daddy Rohanady juga mengungkap, pemerintah pusat juga merencanakan pengalihan sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke BIJB Kertajati.

“Kami sambut baik (penerbangan) haji umrah dari sana. Apalagi kalau penerbangan lain menyusul,” ujarnya. (AP)